Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penggunaan Kopling Yang Salah? Boros Bahan Bakar!  (Read 799 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Penggunaan Kopling Yang Salah? Boros Bahan Bakar!
« on: November 09, 2016, 03:11:06 PM »



Kopling mobil memiliki fungsi yang penting dalam rangkaian mobil, berperan sebagai penyambung putaran mesin ke bagian penggerak sistem atau transmisi mobil. Letak sistem kopling berada di antara transmisi dan mesin.

Saat ini masih banyak pengendara yang belum mengetahui bahwa penggunaan kopling yang tidak benar membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui teknik yang tepat untuk melakukan perpindahan kopling agar bahan bakar mobil tetap dalam kadar konsumsi normal dan tentu tidak merugikan diri Anda sendiri sebagai pemilik mobil.



BlogBeliOnderdil akan memberikan cara yang tepat untuk melakukan perpindahan kopling agar tidak memboroskan bahan bakar mobil Anda :

  • Menekan kopling dengan sempurna
    Cara penggunaan kopling dengan benar dapat mengurangi pemborosan konsumsi bahan bakar mobil, untuk itu Anda tentu harus mengetahui cara menggunakan kopling dengan benar dimana Anda harus menekan penuh bagian pedal kopling, hal ini agar roda gila (flywheel) dengan piringan kopling atau pelat dapat terpisah dengan sempurna. Menekan kopling dengan sempurna dapat memudahkan pengemudi dalam memindahkan atau memasukan tuas transmisi mobil.
  • Tepatlah dalam menginjak pedal kopling
    Selain penggunaan, perpindahan kopling yang tepat juga dapat membuat bahan bakar mobil Anda menjadi tidak boros. Injak pedal kopling dengan benar merupakan cara pemindahan kopling yang tepat. Anda dapat memindahkan tuas transmisi ketika ingin menginjak pedal kopling tersebut.
  • Injakan pedal gas dengan kopling harus selaras
    Setelah menginjak atau melakukan pemindahan kopling, cara melepaskan injakan kopling juga harus dengan benar, lepas injakan secara perlahan dan menyelaraskannya dengan pedal gas mobil yang juga Anda injak, hal ini dapat membuat kendaraan berjalan lebih halus. Selain itu hal yang harus Anda ketahui ialah, ketika mobil masih dalam kondisi berjalan, jangan mencoba-coba untuk menekan pedal kopling karena dapat menyebabkan keausan pada piringan kopling dan release bearing Anda.

    Anda juga tidak boleh melakukan tekanan pada pedal kopling ketika mengalami kemacetan di daerah jalan yang menanjak, hal ini dapat membuat sistem kopling berisiko mengalami kerusakan. Fungsi penahan mesin dapat terganggu ketika mesin sering bergetar di saat mengalami kemacetan di daerah tanjakan, untuk itu aktifkan rem tangan ketika melalui jalan tersebut.


Bagaimana cara penggunaan kopling seharusnya dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id

  
Logged
Pages: [1]   Go Up