Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Beberapa Hal Mengenai AC Mobil Hidup Terus Tapi Tidak Dingin  (Read 291 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Beberapa Hal Mengenai AC Mobil Hidup Terus Tapi Tidak Dingin
« on: November 09, 2016, 02:06:30 PM »

Beberapa Hal Mengenai AC Mobil Hidup Terus – Memang, saat ini kenyamanan berkendara dengan mobil sangat tergantung pada kondisi AC. Sangat jarang ditemui orang yang mengendarai mobil tanpa menyalakan AC saat ini. Namun, di saat yang sama, AC Mobil hidup terus juga bukan suatu hal yang diinginkan. Bayangkan saat Anda mematikan mobil atau mobil dalam kondisi off, tetapi AC tetap menyala. Anda tidak akan dapat meninggalkan mobil Anda dengan tenang. Walaupun suasana di dalam mobil dingin, tapi kondisi ini bisa membuat Anda merasa gerah.

Nah, ada beberapa kondisi dimana AC mobil hidup terus. Ada kondisi saat AC menyala dan extra fan juga menyala terus.  Ada juga kondisi dimana tanpa jeda, saat kondisi mobil berhenti AC menyala sedangkan pada waktu mobil berjalan extra fan bekerja normal.  Dalam beberapa kasus, AC dan extra fan tetap menyala walau mobil sudah lama ditinggalkan mati.  Jika suhu ruangan dengan panel belum sesuai, maka kompresor dan EF akan aktif dan berputar terus. Pengecualiannya adalah jika suhu yang ideal sudah tercapai, maka secara otomatis kompresor dan EF akan mati.

Pada dasarnya, setiap kali ada Masalah Pada AC Mobil Anda maka yang perlu Anda cek lebih dulu kondisinya adalah freon. Dalam posisi diam, tiupan angin dari depan bekerja kurang maksimal sehingga tidak dapat membuang suhu panas di dalam kabin. Jika kondisi di dalam kabin mobil kurang dingin, maka cooling fan dan kompresor akan terus hidup.  Inilah kemungkinan penyebab AC mobil hidup terus.

Selain itu, masalah juga dapat bersumber dari radiator. Di dekat radiator ada kipas mobil yang fungsinya adalah untuk membantu proses pendinginan yang berlangsung di radiator. Pada mobil-mobi tua, kipas ini bekerja dengan putaran mesin. Namun mobil keluaran baru telah semuanya memakai kipas elektrik karena adanya kerugian mekanis pada mesin yang lama. Kerja kipas elektrik yang baik adalah tidak berputar sebelum mesin panas, baru setelah mesin panas dengan sendirinya kipas akan menyala.

Kipas mobil yang mati yang menyebabkan AC mobil hidup terus disebabkan oleh kerusakan pada kipas itu sendiri. Bisa terjadi putus pada rangkaiannya atau matinya relay kipas. Yang terakhir adalah yang paling sering terjadi. Tentu saja, jika begini maka Anda harus mengganti relay kipas Anda. Tapi jika kondisi relay kipas masih bagus, maka yang kemungkinan rusak adalah kipas yang putus. Untuk itu kabel-kabel pada rangkaian perlu diperiksa apakah kondisinya masih baik atau ada yang putus. Apabila kipas elektrik ini kondisinya mati, proses pendinginan mesin akan terpengaruh. Bila proses pendinginan tidak bekerja dengan optimal, maka dapat menyebabkan mesin mengalami over heating. Inilah yang menyababkan AC mobil terus bekerja untuk mendinginkan mobil. Selain itu, over heating ini akan berpengaruh pada banyak komponen mesin, seperti silinder retak, kompresi bocor, dan lain-lain.

Apabila kipas radiator terus menyala, kemungkinan sensor suhu mobil Anda sedang bermasalah. Kipas ini hidup secara otomatis, sehingga diperlukan sebuah sensor yang disebut  water temperature sensor (WTS) jika Anda ingin otomatisnya berjalan dalam suhu yang tepat. Sekian beberapa hal mengenai AC Mobil hidup terus dalam kondisi dan penyebab yang berbeda-beda. Karena tidak semua masalah pada AC adalah sama, Anda perlu penanganan yang tepat yang juga sesuai dengan jenis dan mesin mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up