Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil  (Read 309 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil
« on: November 09, 2016, 02:15:43 PM »



Evaporator merupakan suatu komponen penting dari AC mobil. Komponen yang berbentuk kotak ini memiliki fungsi untuk membawa udara dingin yang dapat menyejukkan kabin mobil. Bentuk ruang evaporator yang berliku dapat menimbulkan kotoran yang mengendap, hal ini tentu membuat udara yang dihasilkan tidak optimal. AC mobil pun dapat mengeluarkan bau tak sedap dan hembusan blower akan melemah.

Pada umumnya, letak evaporator berada di bawah dashboard mobil. Dari letaknya yang cukup rendah, membuat debu dan partikel kotoran lain yang berasal dari karpet mobil rentan dihisap oleh evaporator. Meski saat ini banyak mobil yang telah terpasang filter AC, kotoran yang mencoba memasuki ruang sirkulasi udara AC mobil kadang tak dapat dicegah. Hal tersebut dapat menyebabkan kotoran menumpuk di evaporator AC.

Untuk itu, penting bagi Anda melakukan perawatan terhadap kebersihan udara kabin maupun karpet mobil. Terdapat cara yang mudah bagi Anda yang ingin membersihkan evaporator sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel dan harus merogoh kocek yang lumayan besar.



Berikut ini cara-cara membersihkan evaporator AC agar kembali bersih dan dapat bekerja dengan baik :

  • Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati, dan siapkan segala peralatan yang dibutuhkan.
  • Pertama-tama, Anda harus tahu letak lubang hisap udara AC beserta filter AC-nya. Anda dapat membaca buku panduan mobil jika kesulitan mencari letaknya. Namun, filter AC mobil umumnya berada di bawah atau di belakang dashboard.
  • Berikutnya, buka filter AC setelah Anda menemukan letaknya. Periksa kondisi filter yang telah dilepas, apakah masih dalam keadaan bersih atau justru sudah dalam keadaan kotor dan tidak layak pakai.
  • Siapkan botol atau kaleng spray cairan pembersih evaporator, lalu kocok terlebih dahulu. Selanjutnya Anda harus menyisipkan selang sprayer mendekat dengan blower AC agar foam tersemprot dengan tepat ke arah blower.
  • Buka semua ventilasi AC beserta jendela mobil. Ubah kondisi mesin ke posisi menyala setelah posisi spray telah siap untuk menyemprot ke blower. Selain mesin yang menyala, Anda juga harus menghidupkan AC dan setting dengan suhu terdingin dan tiupan blower terkencang. Hidupkan setting yang sama untuk Anda yang memiliki double blower.

Untuk cara membersihkan evaporator AC mobil selengkapnya baca di blog.belionderdil.co.id




  
Logged
Pages: [1]   Go Up