Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Alasan Penting Memeriksa Tekanan Angin Ban Secara Rutin  (Read 296 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Alasan Penting Memeriksa Tekanan Angin Ban Secara Rutin
« on: November 10, 2016, 02:21:29 PM »



Saat ini, masih terdapat para pengendara yang cuek dan meremehkan tekanan angin ban mobilnya, mereka beranggapan bahwa pemeriksaan tekanan ban tidaklah penting, padahal kebiasaan meremahkan tersebut bisa membuat kenyamanan dan keamanan pengendara terancam. Dampak terburuk dari tidak rutinnya mengecek tekanan angin ban ialah terjadinya kecelakaan yang tentunya dapat membahayakan keselamatan Anda.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, rubahlah kebiasaan Anda yang selama ini masih enggan memperhatikan kondisi rangkaian mobil Anda. Untuk tekanan angin ban, Anda dapat memeriksanya setiap satu bulan sekali, kondisi cuaca dan suhu udara merupakan penyebab utama perubahan yang terjadi pada tekanan angin ban mobil.



Selain dua faktor utama yang telah disebutkan tadi, masih terdapat beberapa faktor mengapa Anda perlu memeriksa tekanan angin ban mobil. Simak ulasan berikut ini :

  • Tekanan angin ban yang rutin diperiksa dapat membuat Anda mendapatkan kenyamanan ketika mengemudikan mobil. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki rasa nyaman saat berkendara rutinlah dalam memeriksa tekanan angin ban karena faktor lingkungan dan kondisi jalan bisa selalu berubah.
  • Kondisi cuaca beserta suhu udara yang seringkali berubah juga menjadi salah satu faktor berubahnya tekanan angin pada ban. Selain itu, mobil yang diparkirkan di tempat dengan cuaca yang panas bisa membuat tekanan angin ban berubah. Dengan memeriksa komponen tersebut, tentu Anda akan paham tentang kondisi tekanan angin ban mobil apakah berkurang atau tidak.
  • Faktor berikutnya, mengapa tekanan ban perlu diperiksa ialah karena tekanan angin yang tidak teratur apakah kurang atau justru kelebihan sebenarnya berbahaya. Tekanan angin yang berlebihan dapat membuat ban pecah terkhusus saat berada di suhu udara yang amat panas. Sedangkan, kurangnya tekanan ban dapat membuat mobil menjadi oleng ketika dikemudi ketika berkendara di suhu yang dingin dengan tingkat kecepatan mobil yang tinggi.
  • Hematnya konsumsi bahan bakar juga akan Anda rasakan ketika rutin memeriksa tekanan angin pada ban. Hal ini tentu saja terjadi berawal pada tekanan angin ban yang berkurang membuat permukaan ban melebar. Permukaan ban tersebut akan bergesekan dengan jalan secara terus-menerus. Gesekan tersebut membuat mobil harus beroperasi dengan keras dimana perlu mengeluarkan tenaga ekstra agar tetap dapat berjalan. Beban kerja kendaraan yang semakin berat ini merupakan faktor bahan bakar mobil dapat menjadi boros, untuk itu penting bagi Anda memeriksa tekanan angin ban mobil.
  • Tekanan angin yang berkurang juga berefek pada sistem kemudi yang terasa lebih berat. Selain itu, tak dapat dikendalikannya stir atau kemudi juga akan terjadi jikalau tekanan angin masing-masing ban tidak sama. Hal tersebut tentu membuat kenyamanan dalam mengemudi mobil terganggu, terutama ketika Anda harus berkendara di jarak perjalanan yang jauh. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap tekanan ban Anda ketika ingin bepergian jauh.

Jadilah seorang pemilik mobil yang cermat, pemeriksaan tekanan angin ban secara berkala dan rutin tentu membuat kenyamanan, keamanan, dan keselamatan Anda dalam berkendara terjaga. Blog BeliOnderdil akan kembali dengan tips otomotif lainnya.
 

© Mekanikmitsubishi

Untuk mengetahui tips dan info lainnya seputar otomotif dan onderdilnya silahkan kunjungi blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up