Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Mudah Merawat Mobil Matik  (Read 380 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Mudah Merawat Mobil Matik
« on: November 10, 2016, 02:35:48 PM »



Mobil dengan transmisi matik memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil bertransmisi manual, seperti kenyamanan lebih dalam berkendara yang akan Anda dapatkan. Namun kekurangan juga pasti dimiliki mobil bertransmisi matik dimana perawatan ekstra perlu Anda lakukan melebihi mobil dengan transmisi manual. Penuhnya perawatan ekstra secara rutin itu mengharuskan Anda untuk mengetahui cara yang benar untuk merawat mobil matik agar tetap dalam performa yang prima.

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar yang boros dan perlunya mengeluarkan tenaga lebih ekstra ketika berkendara di jalan menanjak juga menjadi salah satu kelemahan dari mobil bertransmisi matik. Dengan kelemahan itu tentu perawatan secara maksimal, berkala, dan rutin harus dilakukan terhadap mobil matik kesayangan Anda, terlebih jika Anda telah merasa bahwa kemudi mobil mulai terasa berat serta adanya tarikan yang menghentak.



Kali ini BlogBeliOnderdil akan memberikan tips ampuh untuk Anda pemilik mobil bertransmisi matik tentang bagaimana cara merawat mobil agar tetap bekinerja dengan baik. Simak ulasan berikut ini :

 
  • Periksa Oli Secara Rutin
    Rutinnya memeriksa oli mesin mobil penting  dilakukan khususnya bagi Anda pengguna mobil bertransmisi matik. Lakukan penggantian oli mobil ketika Anda merasa komponen tersebut sudah tidak layak pakai atau telah habis jangka waktu pemakaiannya. Yang perlu Anda ketahui, kerusakan atau masalah akan terjadi pada sistem transmisi mobil jika Anda lalai atau mengabaikan pemeriksaan oli mobil matik ini. Pada umumnya, Anda dapat mengganti oli mobil ketika telah menempuh jarak 80.000 km sampai dengan 100.000 km. Jika Anda rutin melakukan penggantian, tentu mesin mobil Anda akan memiliki performa yang prima dan memberikan keamanan dan kenyamanan ketika Anda berkendara.
  • Panaskan Mesin Mobil
    Tips berikutnya, Anda harus rutin memanasi mesin mobil ketika hendak melakukan aktivitas berkendara. Hal ini penting agar mobil tetap beroperasi dengan baik tanpa menimbulkan masalah. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa tuas transmisi mobil berada di posisi N ketika Anda melakukan pemanasan mesin mobil matik.
  • Menggunakan Persneling Dengan Benar
    Selanjutnya, persneling juga merupakan komponen yang perlu Anda perhatikan. Ketika mobil Anda belum benar-benar berhenti, jangan menggunakan persneling P atau berakibat pada persneling mobil matik Anda yang akan berpotensi mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakan persneling ketika mobil matik sedang diparkir. Hal tersebut dapat membuat kopling mobil rusak.
  • Lakukan Uji Coba Jalan
    Tips terakhir ialah cobalah lakukan pengujian terhadap mobil matik Anda secara berkala. Cara mengujinya cukup dengan menjalankan mobil matik Anda seperti biasanya. Anda harus memerhatikan sumber suara bising ketika mencoba mengoperasikan persneling mobil. Bagian transmisi mobil akan mengalami kerusakan jika Anda menemukan suara bising dengan sedikit tergoncangnya mobil matik ketika memindahkan persneling. Jika hal tersebut terjadi, segeralah melakukan pemeriksaan terhadap mobil matik Anda ke bengkel terdekat sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, hal terpenting yang harus Anda ketahui ialah, dalam mobil matik transmisi merupakan bagian yang penting.

Pemilik mobil yang cermat ialah pemilik yang ingin kendaraannya selalu berada di kondisi yang prima. Ketika segala komponen mobil memiliki performa yang optimal tentu keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara akan Anda dapatkan semudah mengembalikan telapak tangan. Untuk itu, lakukanlah  perawatan segala komponen mobil Anda secara berkala dan rutin.

© MekanikMitsubishi

Untuk mengetahui info dan tips lainnya dapat dilihat di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up