Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Kenali Tanda-tanda Kerusakan Bushing Mobil  (Read 419 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Kenali Tanda-tanda Kerusakan Bushing Mobil
« on: November 11, 2016, 03:23:21 PM »



Bushing merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting terhadap kinerja suspensi kendaraan khususnya mobil. Peran dari komponen ini sebenarnya berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi, namun saat ini justru banyak pengendara yang masih meremehkan keberadaan komponen satu ini.

Bushing memiliki bentuk seperti tabung besi dan diisi oleh karet. Seperti komponen lain, bushing ini memiliki jangka waktu pemakaian, penggunaan bushing yang melebihi batas pemakaian dapat mempengaruhi proses berkendara Anda, dimana kenyamanan dan keamanan ketika mengendarai mobil akan terganggu.

Pada umumnya, bushing memiliki 2 jenis yang dikategorikan berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer dan Bushing swing arm. Sebagai pengikat ke sasis mobil dan menyeimbangkan kedua suspensi kiri dan kanan merupakan fungsi dari bushing stabilizer. Sedangkan bushing swing arm memiliki fungsi untuk meredam getaran mesin ketika mobil dikendarai.

Bushing mobil memiliki beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan seperti beratnya beban kerja yang diterima komponen tersebut, suhu mesin yang teramat panas, dan guncangan keras ketika Anda berkendara di jalan berlubang.

Kerusakan bushing juga dapat Anda rasakan jika menjumpai ciri-ciri seperti aktivitas mengemudi yang terasa goyah ketika melalui jalan yang tidak rata dengan laju kecepatan mobil yang tinggi. Hal tersebut sebenarnya berbahaya terutama ketika Anda dalam keadaan tidak siap untuk mengendalikan sistem kemudi mobil Anda.



Untuk menghindari kerusakan yang terjadi secara mendadak dan tentu merugikan diri sendiri, Anda perlu mengetahui gejala kerusakan bushing mobil.

Berikut tips dan cara mudah mengetahui tanda-tanda kerusakan bushing mobil :

  • Suara bising
    Suara-suara aneh dan juga bising sering kali terjadi ketika mobil tak berada di kondisi yang prima, hal ini tentu menganggu kenyamanan dalam berkendara. Begitu juga pada bushing mobil, apabila terdapat suara gesekan dari dalam kabin yang menganggu ketika Anda berkendara melalui jalan berlubang, hal tersebut menandakan bahwa bushing mengalami kerusakan. Untuk itu penting bagi Anda melakukan pemeriksaan terhadap komponen satu ini.
  • Buruknya Kondisi Karet Bushing
    Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kondisi karet bushing untuk mengetahui apakah rusak atau tidak, apabila karet tersebut telah rusak inilah saatnya Anda harus melakukan penggantian terhadap komponen satu ini. Beban kerja bushing yang berat serta seringnya berkendara di jalan yang tidak rata merupakan faktor penyebab karet bushing mengalami kerusakan.
    Rusaknya karet bushing ini dapat Anda rasakan ketika mendengar suara seperti mesin yang saling beradu disertai bunyi decitan yang berasal dari bagian bawah jok depan. Hal tersebut juga akan terjadi jika karet strut-bar telah rusak atau pecah. Wajib bagi Anda untuk melakukan penggantian karet bushing sesegera mungkin.


Untuk mengetahui tanda- tanda kerusakan pada bushing mobil anda, baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything