Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Pengendara yang Cerdas: Memasang Timing Belt Sendiri  (Read 392 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Pengendara yang Cerdas: Memasang Timing Belt Sendiri
« on: November 14, 2016, 10:32:21 AM »



Timing belt merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berfungsi untuk memutar camshaft (noken as) dimana perannya untuk membuka dan menutup valve (klep) yang ada pada ruang pembakaran dengan waktu yang tepat.

Pemakaian timing belt perlu Anda perhatikan, karena perawatan yang tidak rutin terhadap timing belt tentu membuat komponen tersebut rusak, dan hasilnya akan membuat proses pembakaran menjadi tidak optimal dan tentunya membahayakan diri Anda ketika berkendara.

Untuk menghindari efek berbahaya dari putusnya timing belt yang jarang dirawat, Anda perlu mengetahui kondisi timing belt tersebut. Seperti komponen lain, timing belt memiliki jangka waktu pemakaian, dimana Anda perlu menggantinya setiap menempuh jarak 40.000 – 60.000 km untuk mobil berbahan bakar bensin dan 100.000 km untuk mobil bermesin diesel.

Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberi panduan tentang mengganti timing belt yang sudah tidak layak pakai, memang aktivitas penggantian ini terbilang cukup rumit, namun tak ada salahnya untuk mencoba agar Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak ketika harus membawanya ke bengkel.



Berikut ini cara mengganti timing belt dengan benar dan tepat :

  • Tahap pertama tentu Anda harus menyiapkan timing belt yang baru sebagai pengganti timingbelt yang sudah tidak layak pakai. Jika Anda kebingungan akan spesifikasi timing belt sebelumnya, Anda dapat membuka belt yang lama sebagai contoh untuk membeli yang baru agar dapat dipastikan bahwa belt yang dibeli telah cocok dan tepat sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  • Dalam pembelian belt, Anda juga harus paham akan spesifikasi mobil yang Anda miliki seperti merek, model, tahun pembuatan, serta tipe mesin juga ukuran dari mobil Anda. Berikan informasi yang akurat dan tepat kepada produsen / penjual spare part ketika Anda melakukan pembelian timing belt. (Di BeliOnderdil Anda bisa mendapatkan kebutuhan timing belt yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dengan kualitas terbaik.)
  • Ketika Anda membeli timing belt, sebaiknya jangan lupa untuk membeli gasket dan lem gasket yang diperlukan ketika pemasangan belt. Dalam pembelian gasket beserta lemnya disarankan juga untuk teliti agar sesuai dengan spesifikasi belt.
  • Saat ini, Anda harus mulai masuk ke dalam proses membuka timing belt. Langkah pertama, mulailah membuka atau melepaskan terminal negatif aki.
  • Agar belt memiliki celah sehingga dapat dilepas dengan mudah, Anda harus membuka belt alternator dengan mengendurkan bautnya atau mendorong alternator jika perlu. Kemungkinan Anda juga harus membuka tali kipas dalam proses pembukaan timing belt, namun tergantung jenis mobil Anda.

Untuk langkah selanjutnya dalam memasang timing belt sendiri dapat dilihat di blog.belionderdil.co.id
 


 


 



  
Logged
Pages: [1]   Go Up