Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tips Mudah Merawat Turbocharger Mobil  (Read 379 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Tips Mudah Merawat Turbocharger Mobil
« on: November 14, 2016, 02:05:03 PM »



Saat ini mesin Turbocharger kian tak asing lagi di telinga kelompok pengendara mobil diesel, mesin turbo ini merupakan alat yang memiliki peran cukup signifikan dimana berfungsi untuk meningkatkan kinerja mesin agar lebih optimal. Meningkatnya tenaga mesin tanpa harus menambahkan bobot mesin, ukuran yang mendukung dan proses pemasangan yang mudah merupakan beberapa faktor mengapa banyak pemilik mobil mau menggunakan turbocharger di komponen mesin mobilnya. Memang saat ini mesin turbocharger sering diaplikasikan untuk mobil berjenis mesin diesel saja, namun sebenarnya pengguna mobil mesin bensin juga dapat menggunakan komponen satu ini meski terdapat kekurangan jika diterapkan.

Mesin turbocharger tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Bagi Anda yang suka berkemudi dengan kecepatan tinggi dan memacu adrenaline, turbocharger perlu melekat di komponen mesin mobil Anda, pasalnya mesin turbo dapat memberikan tenaga maksimum yang lebih besar untuk kendaraan serta memberikan sisi menyenangkan ketika Anda berkemudi. Namun selain kelebihan yang dimiliki, mesin turbo juga mempunyai kekurangan, yaitu perlunya pengadaptasian antara pengemudi dengan mobil yang telah dipasang mesin turbo, karena mobil dapat menghentak bahkan mengagetkan pengendara saat mengemudikan mobilnya. Selain itu, mesin turbo ini juga memerlukan perawatan yang maksimal dan ekstra terutama di bagian pelumasan.



Bagi Anda pengguna mesin turbo, perawatan mesin penting untuk Anda lakukan dengan tepat, untuk itu Blog BeliOnderdil akan memberikan tips sederhana mengenai cara merawat mesin turbo agar tetap dalam performa yang prima. Simak ulasan berikut ini :

  • Lakukan Pemeriksaan Oli Secara Rutin
    Dengan kinerjanya yang terbilang cukup berat dimana mampu berputar dengan kisaran diatas 240.000 rpm, mesin turbo ini memerlukan pelumas yang dapat melumasi seluruh rangkaian bergerak yang terdapat pada mesin mobil. Untuk itu penting bagi Anda memeriksa komponen oli ini serta menggantinya jika batas waktu pemakaian telah habis, jika hal tersebut jarang Anda lakukan tentu turbo tidak akan beroperasi dengan maksimal.
Penggantian oli yang lebih cepat dari jangka waktu penggantian tentu lebih baik, seperti penggantian oli mobil diesel yang seharusnya dilakukan ketika menempuh jarak 5000 km, Anda dapat menggantinya di jarak tempuh 4000 km. Tidak hanya jangka waktu penggantian oli yang lebih cepat, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan oli, gunakan oli khusus mesin diesel turbocharger hal ini agar kinerja mesin turbo Anda lebih optimal serta beroperasi dengan baik untuk melakukan pendinginan.[/list]
  
Logged
Pages: [1]   Go Up