Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mitos dan Fakta Penting Mengenai AC Mobil  (Read 394 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Mitos dan Fakta Penting Mengenai AC Mobil
« on: November 15, 2016, 09:19:58 AM »



Saat ini santer terdengar di telinga para pengendara mengenai freon yang cepat habis akibat penggunaan AC dengan kecepatan yang tinggi, apakah hal ini termasuk fakta atau justru mitos?

Pemilik mobil yang cermat tentu selalu siaga untuk merawat kinerja mobilnya agar tetap dalam keadaan optimal dan juga prima, termasuk komponen AC yang tak boleh terlewat untuk dirawat. Namun pertanyaan yang mencuat ialah, benarkah perawatan yang selama ini dilakukan? pasalnya masih terdapat para pengendara yang masih awam mengenai fakta tepat tentang AC mobil dan justru lebih memercayai mitos-mitos beredar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memecahkan jawaban atas segala pertanyaan para pemilik atau pengendara mobil mengenai mitos dan fakta dari AC mobil. Simak ulasan berikut ini :

 
  • Freon akan lebih cepat habis ketika menghidupkan AC di kecepatan yang tinggi pada blower.
    Mitos satu ini umum di telinga para pengendara mobil. Yang perlu Anda ketahui ialah penggunaan atau bahkan kecepatan blower tidak memiliki hubungan dengan freon AC. Sistem sirkulasi merupakan cara kerja dari freon AC, komponen tersebut tidak akan pernah habis jikalau memang tidak terjadi kebocoran. Untuk itu, secepat atau sesering apapun blower beroperasi tentu tak memiliki pengaruh pada freon AC.
  • Kompresor akan mengalami kerusakaan saat mesin dalam keadaan mati sedangkan AC berada di kondisi menyala.
    Rusaknya kompresor sama sekali tidak ada hubungannya dengan keadaan AC yang hidup atau mati. Fakta yang harus Anda ketahui ialah, ringannya beban mobil ketika Anda menyalakan kembali mesin merupakan alasan mengapa Anda perlu memeriksa keadaan AC harus berada dalam keadaan mati sebelum mematikan mesin mobil, dalam hal ini tentu mesin tidak terbebani oleh AC karena akan mendapat alirak listrik yang penuh hanya dari aki.
  • Rusaknya kompresor akibat menyalakan AC ketika mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi.
    Kecepatan masih berada di batas normal jika yang dimaksud berada di kisaran 3000 Rpm seperti berkendara di jalan tol. Kompresor mobil akan mati dengan otomatis ketika temperatur AC telah mencapai suhu dingin di titik tertentu dan hidup kembali dalam beberapa saat karena thermostat yang berada di komponen AC mobil. Berapapun tingkat kecepatan mesin mobil Anda, meskipun mencapai kisaran 3000-6000 Rpm, tentu hal tersebut tidak memiliki hubungan dengan kinerja thermostat AC.

 
Untuk mengetahui mitos dan fakta penting mengenai AC mobil selanjutnya, dapat dilihat di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything