Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Mudah Menambah Minyak Rem Mobil  (Read 467 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Mudah Menambah Minyak Rem Mobil
« on: November 15, 2016, 09:55:51 AM »



Minyak rem atau dengan nama lain Brake fluid merupakan salah satu komponen dari sistem pengereman kendaraan yang memiliki peran begitu penting. Untuk itu, sebagai seorang pengendara Anda perlu memperhatikan komponen satu ini, pasalnya seperti komponen lain, minyak rem juga memiliki batas waktu pemakaian, mobil yang kehabisan minyak rem tentu akan berdampak pada keselamatan berkendara.

Sebagai seorang pengendara, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari minyak rem yang begit u penting. Minyak rem berfungsi sebagai pelumas pada komponen logam agar tidak mengalami keausan, tahan panas, dan tidak berubah bentuk, ketika komponen logam tersebut saling bergesekan untuk memberhentikan laju kendaraan. Tak hanya itu, Minyak rem juga memiliki fungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan dengan optimal, terkontrolnya kecepatan kendaraan Anda, menahan kendaraan ketika melewati jalan menanjak atau menurun, dan yang lainnya.

Setelah Anda mengetahui peran dan fungsi dari minyak rem tentu tak ada alasan bagi Anda untuk tidak memperhatikan komponen satu ini. Lakukanlah pemeriksaan terhadap minyak rem secara rutin, Anda perlu mengetahui status kadar minyak rem untuk menjaga sistem rem kendaraan Anda agar tetap dalam keadaan prima.

Anda disarankan dapat mengganti minyak rem ketika menempuh jarak 50.000 km atau paling tidak setiap kurang lebih dua sampai tiga tahun.

Pengisian minyak rem yang mudah tentu membuat Anda tak harus pergi ke bengkel dan mengeluarkan uang lebih untuk melakukan penambahan minyak rem. Untuk menghemat waktu, uang dan tenaga, Anda dapat menambah kadar minyak rem sendiri dan tentunya menambah pengetahuan dan pengalaman Anda.



Simak ulasan berikut ini mengenai cara penambahan minyak rem dengan tepat :

  • Langkah pertama, tentu Anda harus memastikan mesin dalam kondisi mati lalu memarkirkan kendaraan di jalanan yang datar dengan rem tangan yang aktif, sedangkan untuk Anda pemilik kendaraan transmisi manual posisikan mobil ke gigi pertama dan juga mengaktifkan rem tangan.
  • Selanjutnya, buka kap mesin mobil dan angkat besi penyangga untuk menahannya. Setelah itu, temukan letak wadah minyak rem yang umumnya berwarna pucat dengan bentuknya yang kecil, biasanya wadah minyak rem ini berada pada ruang mesin di dekat ujung atas bagian pengemudi. Wadah minyak rem bersambungan dengan master rem silinder.
  • Setelah menemukan letak minyak rem tersebut, agar Anda dapat dengan mudah memeriksa tingkat cairan minyak rem, bersihkan terlebih dahulu sebelum membukanya. Pastikan bahwa memang minyak rem memerlukan penambahan.
  • Anda perlu melakukan penambahan minyak rem jika minyak rem berada ditingkat lebih rendah dari tanda “min” atau “add”.
  • Selain memeriksa kadar minyak rem, Anda juga perlu memperhatikan warnanya. Jernih dengan warna kuning muda menandakan bahwa minyak rem masih dalam keadaan prima. Anda perlu membuang dan mengganti minyak rem yang baru jika warnanya telah berubah menjadi cokelat atau hitam.


Untuk mengetahui cara mudah menambah minyak rem mobil, baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything