Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Beberapa Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Sebagai Cara Menghemat BBM Mobil  (Read 442 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com

Cara Menghemat BBM Mobil – Para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil, tentu sangat mengharapkan konsumsi bahan bakar (BBM) pada kendaraannya bisa lebih hemat atau irit, mengingat akan harga dari bahan bakar itu sendiri yang dari hari ke hari semakin naik. Agar kita bisa melakukan penekanan terhadap pengeluaran biaya untuk kebutuhan bahan bakar ini, maka diperlukan sebuah cara menghemat bbm mobil dengan tepat dan efektif. Beberapa orang menyarankan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa mengurangi penggunaan BBM tersebut, namun sebenarnya yang paling tepat adalah merubah kebiasaan menyetir kita.

Tanpa kita sadari, sebenarnya kebiasaan mengendarai mobil sehari-hari sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar secara berlebih. Belum lagi bila macet melanda pada daerah perkotaan, selain akan memakan konsumsi bahan bakar berlebih, polusi juga pasti akan tercipta dengan sendirinya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa mengurangi penggunaan bahan bakar secara berlebih pada mobil:

Hindari menginjak pedal gas dengan keras secara tiba-tiba, karena dengan menyentakan pedal gas secara tiba-tiba, konsumsi BBM juga akan mengucur dengan deras ke arah ruang pembakaran seketika itu juga,
Hindari menginjak pedal rem yang terlalu sering, karena setiap kali setelah menginjak pedal rem maka pedal gas akan kembali ditekan sehingga konsumsi BBM lebih sering dibutuhkan. Akan lebih baik jika menjalankan kendaraan pada batas yang ditentukan secara stabil.
 
Disamping menghindari beberapa kebiasaan tersebut diatas, maka kita juga harus perhatikan beberapa kondisi kendaraan ketika akan digunakan agar penggunaan BBM bisa lebih irit seperti:

Periksa kondisi angin pada ban, sehingga tidak membutuhkan tekanan gas berlebih bagi mesin untuk bisa menjalankan kendaraan,
Berkendara dengan gigi tepat, juga bisa mengurangi penghamburan konsumsi BBM pada mesin. Jadi setelah nyaman pada kecepatan tertentu, segera pindahkan ke gigi lebih tinggi yang membuat gas tidak berakselerasi dengan berlebih.
 
Beban kendaraan juga bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar, jadi perlu juga diperhatikan muatan dari kendaraan Anda yang tidak diperlukan. Membuka kaca saat berjalan ternyata juga bisa mempengaruhi berat kendaraan. Itulah beberapa cara menghemat bbm mobil dengan memperbaiki kebiasaan-kebiasaan berkendara yang tanpa kita sadari berperan besar untuk memboroskan penggunaan BBM.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"   
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up
 

anything