Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Filter Bensin, Si Kecil Penyelamat Kendaraan Anda  (Read 651 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Filter Bensin, Si Kecil Penyelamat Kendaraan Anda
« on: November 22, 2016, 04:04:31 PM »



Kebanyakan pengendara sering kali tidak memerhatikan kejernihan bensin yang berada di tangki kendaraan mereka sendiri sehingga saat bensin masuk ke karburator menjadi tersumbat, penyumbatan itu terjadi karena kotoran yang berasal dari tangki bensin ikut serta masuk ke dalam karburator bersama bensin, sehingga kerja mesin Anda menjadi tesendat – sendat akibat penyumbatan tadi atau bahkan kendaraan Anda bisa tidak hidup sama sekali.

 

Maka dari itu disinilah Anda membutuhkan filter bensin, yang berfungsi untuk memisahkan kotoran dan air dengan bensin yang akan dibakar saat sampai ke karburator, sehingga Anda dapat mengantisipasi penyumbatan pada karburator.

 

Filter bensin juga harus diganti secara berkala, setiap 10.000 km filter bensin ini harus diganti apabila tidak diganti kotoran dan air pada filter bensin tersebut menumpuk dan menyebabkan bensin yang masuk ke dalam karburator menjadi sedikit.



 

Blog BeliOnderdil akan mengulas cara kerja filter bensin pada kendaraan Anda, agar Anda dapat dengan mudah memahaminya dan kendaraan Anda dapat menghasilkan performa yang maksimal.

 

Prinsipnya adalah bensin sebagai sumber panas yang diubah menjadi energi. Penempatan filter bensin ini berada di tempat sebelum pompa menuju karburator. Bensin dari tangki dialirkan melalui pipa menuju karburator kemudian disaring oleh filter bensin supaya kotoran dan air tidak masuk ke karburator.

 

Kemudian setelah disaring bensin tersalurkan ke dalam karburator melalui cara pompa. Di dalam karburator bensin yang jernih karena sudah disaring berbaur dengan udara panas sehingga berubah menjadi energi yang dapat menjalankan kendaraan kita, di beberapa mobil bensin yang tersisa dari proses karburator akan balik lagi ke dalam tangki bensin untuk proses pendinginan.

 

Selain cara kerja yang harus Anda pahami dari filter bensin, Blog BeliOnderdil juga akan menjelaskan penyebab filter bensin jadi mampet atau tersumbat kepada Anda, karena jalan bensin dari tangki bensin melalui pipa yang disaring oleh filter bensin lalu dipompa menuju karburator tidak boleh terganggu sama sekali dan harus mulus. Berikut BeliOnderdil menjelaskan kepada Anda penyebab filter tersumbat yaitu:

  • Tangki bensin, tangki bensin yang berkarat akan menimbulkan banyak kotoran yang bercampur bensin.
  • Membersihkan filter bensin dengan tidak teliti juga menyebabkan penyumbatan karena ada kotoran yang tidak keluar saat filter bensin sedang dibersihkan.


Adapun cara membersihkan filter bensin yaitu dengan cara mengetuk-ngetuknya sampai semua kotoran keluar, pastikan lagi semua kotoran keluar.

 

Gunakan cara ini apabila Anda dalam keadaan darurat, gantilah filter bensin apabila kotoran sudah menumpuk agar kendaraan Anda dapat memiliki performa maksimal. Gantilah filter bensin Anda dengan filter bensin yang berkualitas dan terjamin. Anda tidak perlu khawatir dalam mendapatkan filter bensin yang berkualias karena BeliOnderdil menyediakan filter bensin berkualitas tinggi yang dapat memaksimalkan performa kendaraan Anda. Segera kunjungi BeliOnderdil, karena kami menyediakan segala kebutuhan mobil Anda secara lengkap dan sangat berkualitas.


©oto.detik

Untuk mendapatkan tips dan info seputar otomotif selengkapnya baca di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything