Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mengenal Lebih Dekat Mengenai Sensor Parkir dan Cara Pemasangannya  (Read 596 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95



Berkendara yang aman dan nyaman tentu diinginkan setiap pengendara. Untuk itu, tak sedikit para pemilik mobil yang terus menerus melengkapi segala rangkaian mobilnya, termasuk komponen sistem keamanan dan kenyamanan yang menjadi prioritas utama ketika berkendara. Perangkat yang tak boleh dilupakan di dalam rangkaian mobil salah satunya ialah sensor parkir. Sensor parkir merupakan sebuah perangkat elektronik yang terletak di bagian belakang mobil yang akan aktif atau menyala ketika mobil berjalan mundur atau tuas transmisi berada di posisi R.

Sensor parkir ini dapat memberikan peringatan apabila terdapat suatu benda atau kendaraan lain di belakang mobil, yang mana peringatan tersebut berupa bunyi alarm. Untuk itu pengendara mobil tak perlu khawatir jika ingin berkemudi mundur karena terdapat sinyal yang akan langsung mengeluarkan bunyi ketika mendeteksi adanya benda atau hal lain di belakang mobil.

Perangkat sensor parkir ini memiliki cara kerja yaitu memberikan sinar infra merah yang merupakan sinyal jika terdapat benda di belakang mobil. Sinar tersebut akan memantul dan dideteksi oleh sensor parkir tersebut dan mengeluarkan bunyi sebagai tanda peringatan kepada pengemudi mobil.



Perangkat atau aksesoris sensor parkir ini memiliki dua model, yang pertama ialah model dengan dua titik, dan yang kedua ialah model yang memiliki empat titik. Dalam segi pemasangan, kedua model sensor parkir tersebut memiliki metode pemasangan yang sama. Berikut ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan cara memasang perangkat sensor parkir dengan mudah :

1. Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan bor dengan ukuran sebesar 12,5 mm yang digunakan untuk melubangi tempat sensor parkir. Anda dapat melubangi penempatan sensor parkir di bagian bumper mobil. Siapkan solasi atau double tape untuk merekatkan komponen tersebut agar terpasang dengan erat.
2. Berikutnya, Anda harus menyiapkan kabel untuk dimasukkan ke selang kabel yang berperan untuk mengatur sensor, langkah ini dilakukan setelah sensor parkir telah terpasang di bumper mobil. Jangan lupakan satu hal, penempatan selang harus diletakkan di tempat yang kering atau tak terjangkau oleh air.
3.Tahap selanjutnya, Anda harus menyambungkan satu kabel dengan lampu mundur, hal ini dilakukan karena lampu mundur tersebut dapat memberikan sinyal untuk selang kabel agar sensor parkir dapat menyala.
4. Letakkan komponen pengeras suara di bagian bagasi, jangan di kabin mobil mengingat suara sensor parkir yang cukup keras.

Untuk mengetahui hal lainnya mengenai sensor parkir dan cara pemasangannya dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up