Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat  (Read 596 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat
« on: November 21, 2016, 02:56:54 PM »



Setiap ban dibuat dengan komposisi material yang berbeda-beda, ada ban yang dapat digunakan maksimal hingga 50.000 km dan ada juga ban yang hanya dapat digunakan hingga batas penggunaan 40.000 km.

Setiap produsen ban mempunyai ketetapan tertentu dan berbeda-beda mengenai batas penggunaan ban. Hal ini merupakan syarat keamanan untuk Anda. Yang mana semuanya dapat diketahui dari informasi yang tertera pada setiap ban.

Namun kebanyakan pengguna mobil khususnya untuk pengguna mobil di Indonesia kurang paham dengan informasi ini, sehingga waktu penggantian ban hanya dilakukan saat ban telah benar-benar tipis. Ini merupakan hal yang harus dihindari karena keselamatan Anda akan terancam kapan saja dan dimana saja. Baik itu musim kemarau terlebih lagi pada saat musim penghujan tiba.

Seperti yang diketahui musim hujan adalah saat dimana Anda harus lebih ekstra hati-hati dalam mengendarai mobil Anda, terlebih disaat melewati jalur yang tergenang bahkan banjir.



Nah, untuk itu Blog belionderdil akan memberikan sedikit informasi mengenai batas waktu pemakaian ban mobil yang tepat, simak ulasan berikut ini:

  • Lihatlah tanda segitiga atau pun cetakan “T.W.I” yang terdapat pada dinding ban. Informasi ini adalah batas tanda keausan yang diperbolehkan pada setiap ban. Biasanya berupa tonjolan.
  • Saat memeriksa ban, pastikan posisi badan Anda berada sejajar dengan ban lalu lihatlah apakah permukaaan ban telah rata antara penunjuk pada dinding ban dengan tonjolan pada permukaan ban. Jika permukaannya sama rata maka ban mobil telah berada pada batas penggunaan maksimal dan harus dilakukan penggantian dengan ban baru.
  • Setiap produsen ban memberikan label tahun produksi pada masing-masing produk bannya. Tanyakan kepada pemilik toko pada saat Anda ban baru akan Anda beli mengenai tahun produksi ban, lalu silahkan cocokkan sendiri dengan label tahun produksi yang tertera pada ban. Misalkan YMWR 1207, 15.  Angka terakhir atau angka 15 merupakan kode tahun produksi ban tersebut.

Untuk mengetahui batas waktu yang tepat untuk penggunaan ban mobil, dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up