Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Charger HP di Mobil? Bahaya atau Tidak?  (Read 775 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Charger HP di Mobil? Bahaya atau Tidak?
« on: November 17, 2016, 09:35:17 AM »



Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, banyak produsen mobil yang menciptakan terobosan baru untuk membuat kendaraan yang diproduksi lebih canggih dibandingkan para pesaingnya. Munculnya charger untuk ponsel di dalam mobil merupakan salah satu kecanggihan tersebut. Hal ini diciptakan mengingat betapa pentingnya smartphone bagi aktivitas manusia. Untuk itu, peran charger handphone di mobil ini tentu memberi dampak yang signifikan agar daya baterai dari handphone tetap dalam keadaan optimal.

Banyak pengemudi yang telah melakukan pengisian daya baterai ponselnya di dalam mobil. Namun faktanya, proses pengisian daya ponsel di mobil ini terbilang berbahaya seperti berdampak pada usia baterai ponsel Anda yang akan terancam, hal ini tentu terjadi karena power output yang digunakan bermula dari lighter. Selain itu, penyebab jangka waktu pemakaian baterai yang akan lebih cepat habis juga disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik yang dialirkan dari mobil karena tidak stabilnya kondisi mesin yang berputar naik dan turun.



Tak hanya usia yang lebih pendek, baterai handphone juga dapat menggembung bahkan dampak terburuknya meledak ketika Anda melakukan pengisian daya baterai hp di dalam mobil, hal ini disebabkan oleh arus listrik yang mengalir ke sistem kelistrikan dalam kondisi tak menentu, kadang mati lalu hidup dan akhirnya dapat membawa pengaruh ke tegangan output alternator. Apabila ledakan baterai tersebut terjadi pada ponsel Anda, tentu hal ini dapat memberi dampak yang membahayakan.

Berikut ini adalah cara mengisi daya ponsel baterai di mobil dengan aman dan tidak membahayakan :

  • Gunakan baterai yang berkualitas dan juga original atau asli.
  • Pastikan kondisi handphone sedang dalam keadaan mati.
  • Hindari ponsel yang berdekatan dengan benda-benda seperti busa, kertas dan kain yang memiliki potensi lebih mudah terbakar.
  • Apabila charger atau kondisi hp telah terasa panas segera hentikan proses pengisian daya baterai.
  • Jangan sampai smartphone terkena sumber panas seperti paparan sinar matahari langsung.
  • Ketika ponsel sedang dicharge, jangan menerima panggilan masuk ponsel.

Selain tips aman di atas, berikut ini Blog BeliOnderdil akan memberi tips lain agar tetap aman ketika mengisi daya ponsel di mobil. Anda dapat menggunakan inverter atau car charger, terkhusus bagi Anda pengendara dengan mobilitas yang tinggi, komponen tersebut cocok untuk digunakan. Namun dalam pemilihan car charger terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak ulasan berikut ini :

  • Ingat selalu bahwa harga barang sepadan dengan kualitas, jangan membeli car charger dengan harga yang terlalu murah, atau justru akan membahayakan ponsel bahkan kendaraan Anda yang dapat mengalami korsleting.
  • Anda juga perlu memerhatikan car charger yang akan Anda pilih. Tidak stabilnya arus dari aki mobil terbilang memiliki efek yang cukup bahaya bagi kelangsungan hidup ponsel Anda, untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu memilih car charger yang dilengkapi dengan OCP (Over Current Protection).
  • Tak hanya OCP, Anda juga perlu memilih car charger yang telah dilengkapi oleh OVP (Over Voltage Protection) dimana dapat memberi perlindungan untuk baterai ponsel Anda agar terhindar dari tegangan listrik berlebih yang berbahaya.
  • Selain OCP dan OVP, car charger yang dilengkapi dengan OPP (Over Power Protection) perlu Anda pilih karena baterai ponsel Anda akan terhindar dari potensi meledak akibat daya yang berlebihan.
  • Car charger dengan fitur Auto Cut juga tak boleh Anda lewatkan. Dengan fitur tersebut, ponsel akan berhenti mengisi daya ketika telah terisi penuh dengan otomatis.
  • Untuk pengisian daya yang lebih cepat dan mencegah cel baterai dari kerusakan Anda perlu memilih car charger yang dilengkapi dengan sistem otomatis yaitu Auto Adjust Out Ampere.
  • Selanjutnya, pengisian daya ponsel di mobil tentu berpotensi pada korsleting, untuk menghindari tersebut car charger perlu dilengkapi dengan Short Circuit Protection.
  • Tips terakhir untuk membeli car charger mobil ialah, perhatikan garansi barang dimana dapat Anda jadikan sebagai patokan atas kualitas barang yang dibeli.

© Alltutorial


Untuk mengetahui tips dan info lainnya mengenai kendaraan mobil Anda, di blog.belionderdil.co.id





  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything