Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Klakson Mobil Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya  (Read 675 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Klakson Mobil Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya
« on: November 29, 2016, 02:01:33 PM »



Klakson mobil merupakan salah satu komponen yang berperan penting ketika Anda mengendarai mobil. Meskipun bentuknya kecil, komponen satu ini memiliki fungsi yang cukup besar alias penting. Dengan adanya klakson, Anda dapat memberi dengan mudah ‘berkomunikasi’ dengan pengendara lain melalui bunyi klakson kendaraan Anda. Klakson ini juga dapat menjadi sebuah peringatan untuk kendaraan lain agar dapat menjaga jarak dengan kendaraan Anda, serta memberi peringatan terhadap pejalan kaki agar tidak menyebrang secara tiba-tiba dan sebagainya.

Permasalahan yang kerap terjadi pada klakson mobil adalah komponen ini mengeluarkan suara dengan volume yang rendah atau bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali. Pemeriksaan terhadap klakson mobil dapat Anda lakukan sendiri selama tidak berdampak pada komponen lain yang terbilang rumit.



Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan cara-cara yang mudah dan aman bagi Anda yang ingin memperbaiki klakson mobil yang mengalami kerusakan :

- Klakson Bersuara Kecil
1. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memperbaiki klakson yang mengalami kerusakan adalah, mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut. Hal ini tentu dapat memudahkan Anda untuk melakukan proses perbaikan terhadap klakson mobil.
2. Tahap berikunya, Anda harus membuka kap mesin. Dengarlah suara yang keluar dari klakson tersebut, untuk itu mintalah bantuan orang terdekat untuk menekan klakson dan dengarkan suara yang terdengar. Umumnya, mobil memiliki 2 (dua) komponen klakson, jika Anda mendengar suara bervolume rendah ketika klakson ditekan, ini menandakan terdapat 1 klakson yang berpotensi mengalami kerusakan atau telah tidak berfungsi.
3. Selanjutnya, Anda perlu menemukan letak pendukung radiator inti yang berada di bagian belakang grille mobil.
4. Langkah berikutnya merupakan pelepasan konektor kabel. Klakson mobil ini berbentuk sekring dan terdapat kawat yang mengarah keluar. Tekanlah bagian ujung bawah konektor serta tarik kabel keluar untuk melepaskan konektor kawat tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan komponen yang terhubung dengan kabel seperti baut dan pelat sambung. Setelah Anda melepaskan komponen tersebut, bersihkanlah dengan benar, kemudian pasang kembali ke tempatnya. Kemudian, lakukanlah pengujian kembali terhadap bunyi klakson.
5. Jika proses pembersihan komponen tak dapat mengatasi permasalahan suara klakson yang bervolume rendah, Gantilah segera klakson mobil Anda yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

- Klakson Tanpa Suara
1. Untuk klakson yang tidak dapat mengeluarkan suara, periksalah komponen sekringnya. Untuk menemukan letak kotak sekring mobil, baca buku manual mobil Anda agar memudahkan pencarian. Buku manual mobil juga dapat memberi informasi mengenai salah satu sekring yang terhubung dengan kinerja klakson mobil.
2. Anda harus melepaskan sekring setelah menemukan letaknya, lakukan proses pelepasan sekring menggunakan pinset atau tang. Perhatikan komponen tersebut ketika melepaskan, jangan sapai potongan logam dari sekring rusak karena berdampak pada komponen yang berhenti berfungsi.
3. Jika sekring mengalami kerusakan, Anda perlu menggantinya, untuk itu beli komponen satu ini dan pasang kembali sekring yang baru ke tempatnya. Setelah itu, lakukan uji coba kembali terhadap bunyi klakson.
4. Jika sekring bukan penyebab dari tidak terdengarnya suara klakson, lakukan pemeriksaan terhadap lampu airbag yang berada di dashboard apakah menyala atau tidak. Airbag dapat menjadi salah satu penyebab mengapa klakson mobil tidak dapat beroperasi. Pegas jam akan mengalami masalah ketika airbag atau kantong udara melebar. Pegas jam yang bermasalah tentu akan menganggu kinerja komponen satu ini yang memiliki fungsi untuk memberikan daya kepada tombol klakson dari kumparan relai penghubung klakson.
5. Untuk mengatasi airbag yang menyala dan menjadi lebar, segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat agar dapat mengatasi permasalahan yang cukup rumit ini.
 

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memeriksa dan juga memperbaiki klakson mobil yang mengalami kerusakan. Jaga dan rawat selalu komponen mobil Anda agar selalu dalam performa yang optimal.

 

Untuk kebutuhan klakson mobil, dapatkan dengan mudah hanya di BeliOnderdil karena kami menyediakan segala kebutuhan suku cadang dengan kualitas barang asli dan penawaran harga yang spesial. Tidak perlu susah-susah mencari tempat lain, segera kunjungi BeliOnderdil untuk mendapatkan kemudahan dan keamanan berbelanja segala keperluan rangkaian mobil Anda.

 

© WikiHow
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything