Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Kenali Penyebab Rem yang Memanas dan Mengeluarkan Asap  (Read 506 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Kenali Penyebab Rem yang Memanas dan Mengeluarkan Asap
« on: November 29, 2016, 03:28:16 PM »



Secara umum, rem dapat diartikan sebagai suatu sistem yang memiliki peran untuk memperlambat atau menghentikan putaran. Rem, pada kendaraan memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan ketika berkendara. Selain itu, fungsi lain dari rem ialah sebagai penahan kendaraan ketika diparkir atau berhenti di area jalan yang menurun atau menanjak.

Fungsi dan peran rem dalam kendaraan tentu tak dapat diremehkan. Rem pada kendaraan mutlak menjadi komponen yang begitu penting terkhusus untuk keamanan ketika berkendara. Rem yang tidak berfungsi dengan baik tentu dapat membahayakan aktivitas Anda ketika mengendarai mobil. Untuk itu, komponen yang memiliki cara kerja bergesekan ini harus tetap memiliki performa yang optimal agar tidak mudah mengalami keausan, tahan panas, serta tak berubah bentuk meskipun bekerja pada suhu yang tinggi.

Untuk Anda yang biasa mengendarai mobil tiap harinya mungkin pernah mengalami permasalahan dimana rem tiba-tiba memanas dan mengeluarkan asap. Anda tak perlu khawatir jika mengalami masalah satu ini. Yang perlu Anda lakukan ialah melakukan pemeriksaan terhadap komponen rem dan melakukan penggantian jika komponen satu ini telah mengalami kerusakan.



Cermati ulasan berikut ini mengenai beberapa penyebab rem yang berasap dan memanas :

1. Master rem mengalami kemacetan
Master rem merupakan salah satu komponen penting dari rem mobil. Master rem memiliki peran pokok untuk berhentinya mobil. Rem mobil menjadi panas dan mengeluarkan asap yang tebal ketika master rem mengalami kemacetan atau tidak beroperasi dengan maksimal. Kotoran yang menumpuk dan mengendap dalam waktu yang lama pada master rem juga menjadi salah satu penyebab mengapa komponen tersebut tersendat atau macet, kotoran yang mengendap tersebut beralih menjadi karat dan membuat master rem tidak berfungsi dengan optimal.

2. Tidak optimalnya kinerja pegas rem
Kondisi pegas pengembali juga memiliki pengaruh terhadap kinerja sistem rem mobil. Sama halnya dengan master rem, pegas pengembali yang mengalami masalah juga membuat rem mobil menjadi panas dan mengeluarkan asap. Hal ini tentu dapat terjadi mengingat fungsi utama dari pegas yaitu untuk mengembalikan kanvas rem ke posisi semulanya. Kanvas rem tentu tak dapat kembali sesuai dengan posisinya apabila pegas tak memiliki daya kerja lagi, efeknya rem akan memanas dan berasap.

3. Penyetelan rem tidak sempurna
Rem akan mudah memanas dan mengeluarkan asap ketika penyetelan tidak terlalu rapat atau dekat antara kanvas dan tromol rem.

4. Selang rem tersumbat
Penggantian minyak rem secara rutin perlu untuk Anda lakukan. Kotoran tentu akan masuk dengan mudah ke selang rem apabila minyak rem tidak diganti secara berkala dan rutin. Kotoran yang telah menumpuk tentu membuat selang rem tersumbat, hal ini yang membuat rem menjadi panas sampai mengeluarkan asap. Untuk itu, lakukanlah penggantian minyak rem ketika Anda telah menempuh jarak 20.000 km agar rem dapat terbebas dari karat dan bekinerja dengan tahan lama.

Rem merupakan komponen vital dalam rangkaian mobil, Jagalah sistem rem agar terhindar dari kerusakan. Rem merupakan bagian penting yang tak dapat diacuhkan di saat Anda mengendarai kendaraan, sebuah kendaraan tidak dapat berfungsi apabila rem mobil juga tidak berfungsi dengan baik. Untuk menjaga komponen rem, lakukanlah penggantian kanvas rem paling tidak setiap menempuh jarak 35.000 – 40.000 km untuk mobil matik, dan 60.000 – 70.000 km untuk mobil bertransmisi manual.

Maka dari itu, singkirkan rasa malas untuk menjaga dan merawat selalu rem beserta rangkaian mobil lainnya. Tingkat kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara tergantung pada seberapa besar perawatan dan penggantian yang dilakukan terhadap seluruh rangkaian dan komponen mobil.

Bagi Anda yang membutuhkan segala komponen rem untuk mobil kesayangan, tak perlu susah mencari toko onderdil yang menyediakan berbagai macam suku cadang dengan kualitas nomor satu, karena hanya di BeliOnderdil Anda dapat menemukan kebutuhan suku cadang dengan mudah dan tentunya aman, kunjungi BeliOnderdil sekarang juga.


© MekanikMitsubishi

Untuk mengetahui tips dan info lainnya mengenai otomotif baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything