Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tips Mengatasi Overheat pada Mobil  (Read 506 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Tips Mengatasi Overheat pada Mobil
« on: November 29, 2016, 02:26:16 PM »



Overheating adalah suatu keadaan mesin yang tidak dapat bekerja dengan sempurna pada saat temperatur suhu mesin melebihi normal. Jadi kedaan seperti ini bisa dibilang kritis karena apabila di paksakan maka akan berakibat fatal kepada mesin kendaraan.

Overheat pada mobil bisa dilihat dari panel temperatur mesin pada dashboard mobil. Apabila mobil overheat jarum akan menunjukkan arah “H” yang berarti “Hot” atau temperatur mobil terlalu panas.



Adapun penyebab mobil memiliki suhu terlalu panas atau overheating adalah mobil yang digunakaan untuk perjalanan jauh, perjalanan jauh bagi sebagian orang sering kali orang mengira itu hal biasa, padahal hal tersebut merupakan yang harus Anda waspadai jika tidak ingin mobil Anda mengalami Overheating.
Mengalami overheating memang menjengkelkan tentunya. Namun, tidak perlu khawatir dan panik saat mobil Anda tiba-tiba saja mengalami overheating. Karena Blog BeliOnderdil akan memberikan tips untuk Anda yang kendaraanya mengalami overheating. Seperti berikut ini:
1. Segera tepikan kendaraan dan parkir ditempat yang aman. Nyalakan lampu hazard, dan matikan mesin mobil.
2. Apabila ada uap atau asap keluar dari mesin, sebaiknya jangan buka kap mobil, tunggu sampai uap habis baru buka kap mobil dengan hati-hati.
3. Perhatikan bagian radiator,selang, water pump dan kolong kendaraan apakah ada bagian yang bocor.
4. Jangan buka tutup air radiator pada saat kondisi mesin masih panas, karena bisa mengkibatkan cedera karena pancaran air panas yang bertekanan tinggi dari radiator. Tunggu sampai dingin baru boleh dibuka.
5. Cek tangki reservoir, apabila ternyata air pada tangki reservoir kurang, Anda bisa menambahkan air sambil mesin dihidupkan.
6. Cek bagian drive belt mesin apakah kendor atau putus. Apabila masih dalam keadaan bagus dan tidak ada kebocoran air pendingin maka mesin bisa normal temperaturnya. Tapi apabila putus, sebaiknya cari atau hubungi bengkel terdekat untuk diganti.

Setelah memahami tips-tips yang BeliOnderdil berikan di atas, Anda hanya perlu melakukan rangkaian tips di atas dengan tenang untuk mengatasi mobil Anda yang mengalami overheat. Untuk menghindari mobil Anda mengalami overheating, Anda bisa melakukan pengecekan dan servis berkala pada mobil Anda. Selain itu untuk Anda yang bepergian dengan jarak tempuh yang jauh, pantau keadaan panel temperatur mesin, akan lebih baik jika Anda mengistirahatkan mobil dan diri Anda sejenak daripada kedepannya kendaraan Anda harus mengalami overheating.

Nantikan tips-tips berikutnya dari Blog BeliOnderdil (blog.belionderdil.co.id) khusus untuk Anda.
 

©info-tipsotomotif
  
Logged
Pages: [1]   Go Up