Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Mudah Membersihkan Karburator Mobil  (Read 502 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Mudah Membersihkan Karburator Mobil
« on: November 29, 2016, 04:38:58 PM »



Karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi cukup penting terhadap kinerja mesin. Karburator memiliki peran yang signifikan terhadap konsumsi bahan bakar mobil berserta tenaga dan kinerja suatu mesin mobil.

Kerusakan yang terjadi pada karburator tentunya membuat Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Untuk itu, penting bagi Anda melakukan perawatan dan pemeriksaan komponen satu ini secara rutin agar terhindar dari kerusakan. Anda dapat melakukan pembersihan karburator secara pribadi tanpa harus membawanya ke bengkel karena caranya yang mudah dan praktis. Namun, jika Anda ingin melakukan pemeriksaan dan pembersihan karburator di rumah, perlu bagi Anda memahami dan mengerti terlebih dahulu tentang komponen satu ini.



Simak ulasan berikut ini mengenai cara-cara membersihkan karburator mobil yang dapat Anda praktekkan di rumah :

1. Langkah pertama tentunya Anda harus memarkirkan mobil dan pastikan bahwa mesin sedang tidak dalam keadaan yang panas.
2. Berikutnya mulailah membuka kap mesin. Anda harus melepaskan kabel negatif pada terminal aki, pastikan kabel negatif aki tersebut berada di kondisi yang terbuka.
3. Bukalah rumah beserta penutup air filter atau saringan udara.
4. Untuk membuka komponen karburator, disarankan bagi Anda untuk memotret gambar komponen tersebut terlebih dahulu untuk memudahkan pemasangan kembali. Setelah itu, barulah Anda membuka berbagai komponen selang bahan bakar dan selang lain yang terhubung dengan karburator.
5. Anda perlu membuka semua komponen yang terhubung dengan karburator seperti kabel gas dan jenis kabel lainnya.
6. Untuk mengangkat karburator dari manifold, Anda perlu membuka baut dudukan karburator atau mur terlebih dahulu.
7. Selanjutnya untuk membersihkan karburator, Anda harus membuka dan cabut berbagai rangkaian karburator. Sebelum melakukan hal tersebut, Anda perlu mengingat posisi masing-masing rangkaian atau memotret gambar terlebih dahulu. Agar terhindari dari pemasangan yang salah seperti terbalik dan lain-lain, disarankan bagi Anda untuk tidak membuka spuyer dan pilot jet karburator.
8. Gunakan kuas dan lakukan penyemprotan karburator menggunakan karburator cleaner untuk membersihkan komponen tersebut dari kotoran yang menumpuk.
9. Setelah itu, untuk membersihkan lubang-lubang dari sudut karburator, Anda perlu menyemprotkan dengan angin kompresor secara perlahan, hati-hati, dan tidak terlalu keras.
10. Setelah seluruh area karburator telah dibersihkan, pasang kembali karburator pada tempatnya yaitu di manifold mesin dan jangan lupa beri sealer atau lem sedikit saja untuk menghindari terjadinya kebocoran. Pasang kembali seluruh rangkaian karburator sesuai dengan posisinya.
11. Lakukan pemasangan kembali terhadap seluruh selang dan komponen lain yang telah dilepas dan pasang kembali kabel terminal negatif aki.
12. Setting atau nyalakan angin karburator dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu.
13. Terakhir, pasanglah kembali filter udara beserta rumahnya.
 

Pembersihan karburator yang dilakukan secara berkala dan rutin tentu membuat komponen satu ini terhindar dari kerusakan dini yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan perbaikan.

Di BeliOnderdil, Anda dapat menemukan berbagai komponen karburator dengan kualitas yang tiada duanya serta harga yang menarik. Untuk itu, jadikan situs BeliOnderdil sebagai pilihan pertama Anda untuk mendapatkan berbagai kebutuhan suku cadang dengan mudah dan aman. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

 

© MekanikMitsubishi
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything