Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Melakukan Pemasangan dan Pemeriksaan Damper Depan Mobil  (Read 353 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Melakukan Pemasangan dan Pemeriksaan Damper Depan Mobil
« on: January 04, 2017, 04:45:11 PM »



Pernahkah Anda mengendarai mobil ketika sedang bermanuver lalu mengalami gejala body roll atau limbung ?Terlebih lagi jika mobil tersebut memuat banyak beban ketika sedang manuver atau membelok dengan kecepatan sedang, mobil menjadi limbung dan seakan akan ingin terbalik. Hal ini disebabkan karena pegas keong atau per spiral terlalu banyak menerima beban.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memanfaatkan produk aksesoris aftermarket berupa stabilizer aktif atau dengan nama lain damper yang dipasangkan diantara suspensi coil spring atau per keong pada kendaraan.

Damper berfungsi untuk membatasi gerakan dari per keong tadi agar tidak terlalu tertekan sehingga gejala body roll atau limbung pada mobil akan berkurang atau bahkan dapat menghilang.

Bagi Anda yang sudah menerapkan pemakaian damper tentunya penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen satu ini agar berada pada kondisi yang selalu optimal.



Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah mengenai cara memeriksa kondisi damper mobil beserta cara pemasangannya kembali yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ulasannya :

Metode 1 : Pelepasan Damper

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya memarkirkan mobil di permukaan jalan yang aman.
  • Setelah itu, dongkrak mobil hingga terangkat untuk memudahkan Anda melakukan proses satu ini.
  • Setelah mobil didongkrak, Anda perlu melepas ban mobil beserta seluruh komponennya.
  • Berikutnya Anda harus menemukan keberadaan damper yang melekat di pegas shockbreaker mobil. Untuk melanjutkan proses, Anda perlu membuka klem selang rem mobil terlebih dahulu.
  • Kemudian, Anda perlu memisahkan damper atau peredam guncangan dan salah satu komponen kaki-kaki yaitu lower arm atau lengan ayun bawah dengan cara melepas mounting bolt atau bantalan baut dari damper tersebut.
  • Selanjutnya, Anda perlu melepas tutup dari atas cowl mobil lalu lepas juga baut atau mur yang terpasang.
  • Kemudian, barulah Anda dapat melepas damper yang terpasang tersebut.

Metode 2 : Pembongkaran Damper

  • Tekan pegas damper dengan spring compressor atau pegas kompresi sesuai dengan instruksi pabrikan, lalu lepas baut atau mur.
- Jangan menekan pegas lebih dari yang diperlukan untuk melepas baut.
  • Lepaslah pegas kompresi lalu bongkar damper

Metode 3 : Pemeriksaan Damper

  • Kumpulkan semua komponen yang telah dilepas, kecuali pegas.
  • Berikutnya, Anda perlu mendorong damper.
  • Kemudian, Anda perlu melihat atau memeriksa kelancaran proses pemeriksaan damper, dimana tekanan dorongan harus penuh.
- Damper harus bergerak dengan lancar, jika tidak (tidak ada tekanan dan ekstensi, lalu gas mengalami kebocoran) inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan penggantian komponen.
  • Periksa kebocoran oli serta suara yang tidak normal selama pemeriksaan.

Metode 4 : Pemasangan Kembali Damper Mobil

  • Pertama, Anda perlu memasang berbagai komponen atau unit damper, pegas damper, bump stop yang merupakan komponen penahan hentakan, piringan bump stop, dust cover yang merupakan komponen penutup debu, dust cover end, juga piringan dust cover, karet bantalan pegas, ring atau paking damper, dan collar atau bos as yang ada pada pegas kompresi.
  • Pasang juga dasar bantalan damper pada damper.
  • Berikutnya, Anda harus melakukan kompresi atau tekanan pada pegas damper.
  • Kemudian, pasanglah ring bantalan damper dan juga satu unit baru baut atau mur berukuran 10mm.
  • Tahan batang damper dan kencangkan baut atau mur dengan ukuran 10 mm tersebut.

Metode 5 : Pemasangan Damper Depan

  • Tempatkan kembali damper ke posisi semula pada kerangkanya dengan mur yang sudah dilas serta posisi braket selang yang harus menghadap ke luar.
  • Pasang peredam akhir pada lower arm dan eratkan bantalan mur dengan tidak terlalu longgar.
- Baut dan mur harus diperketat sesuai dengan berat kendaraan pada damper.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengunci baut bantalan damper menggunakan satu unit baru mur.
  • Anda juga perlu mengunci unit damper pada kerangka dengan 3 unit baru mur.
  • Pasang juga cap di atas cowl.
  • Terakhir, pasang kembali klem selang rem dan eratkan menggunakan dua baut.
  • Turunkan mobil dengan melepas dongkrak.

Untuk mengetahui tips dan info lainnya seputar otomotif dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything