Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Detailing Mobil dengan Mudah  (Read 332 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Detailing Mobil dengan Mudah
« on: January 09, 2017, 11:01:05 AM »



Detailing merupakan sebuah proses yang bukan hanya sekedar menyedot debu atau mencuci mobil saja. Detailing ialah proses memperhatikan detail demi detail berbagai komponen atau rangkaian mobil agar dapat terlihat lebih indah, kinclong, dan membuat pemilik mobil bangga karena memiliki kendaraan dengan performa yang prima.

Detailing mobil memiliki 2 tahap, yakni detailing interior, dan detailing eksterior dimana proses pengerjaannya tetap dilakukan di waktu yang sama dengan tahap detailing interior terlebih dahulu.

Untuk melakukan detailing mobil, tentu tidaklah sulit. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan tahap demi tahap proses detailing interior maupun eksterior mobil yang dapat Anda lakukan sendiri. Berikut ulasannya :

Detailing Interior

Proses detailing interior mobil memiliki poin-poin lebih banyak jika dibandingkan dengan proses detailing eksterior. Perlu bagi Anda untuk memperhatikan seluruh komponen interior mobil mulai dari plafon, dashboard, karpet lantai, jok beserta bagian bawahnya sampai celah-celah tombol dan blower yang perlu dibersihkan.

  • Pembersihan Kotoran di Mobil
    Tahap pertama untuk melakukan proses detailing interior, Anda harus mengeluarkan berbagai material kotoran yang ada di dalam mobil seperti tisu bekas, kemasan snack dan lain-lain. Setelah itu, keluarkan karpet mobil dan bersihkan baik dengan cara menyedot debunya menggunakan vacuum cleaner atau mencuci karpet sesuai dengan bahan karpet tersebut.
  • Pembersihan Debu di Dashboard Mobil
    Setelah Anda mengeluarkan semua kotoran yang ada di area interior beserta karpet mobil, langkah selanjutnya ialah membersihkan atau menyedot debu yang ada di dalam mobil mulai dari dashboard, jok mobil, lantai mobil sampai lokasi-lokasi yang sulit untuk dijangkau.
  • Perbaikan Bagian Interior yang Mengalami Kerusakan
    Setelah Anda menyelesaikan proses penyedotan debu, Anda perlu memerhatikan serta mencari bagian-bagian interior mobil yang mungkin saja mengalami kerusakan untuk diperbaiki. Seperti contoh terdapat karpet yang robek Anda dapat menambalnya secepat mungkin.
  • Pembersihan Plafon Mobil
    Kotoran yang menempel di plafon mobil juga perlu Anda bersihkan, bila perlu Anda dapat melakukan pencucian dan penyedotan debu atau kotoran menggunakan alat ekstraksi penyedot basah agar warna plafon mobil kembali seperti baru.
  • Pencucian Jok Mobil
    Selanjutnya, Anda perlu membersihkan jok mobil dari kotoran yang membandel, perlu bagi Anda untuk memerhatikan bahan dari jok mobil, apakah berbahan kulit, vinil ataupun kain, karena tiap bahan tentu saja memiliki cara pembersihan yang berbeda.
- Jika jok Anda terbuat dari bahan kulit tentu tidak mudah kotor dan pembersihannya cukup dilap menggunakan kain lembut ditambah mengoleskan kondisioner agar jok yang terbuat dari kulit terlihat lebih lembab dan bersih tentunya.
- Untuk Anda pengguna jok berbahan dasar kain tentu kotoran akan sering terlihat, terlebih ketika jok tertumpahan air minuman atau makanan yang akan memperlihatkan bekas noda. Cara pembersihannya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggunakan alat pencuci jok atau dapat mencuci secara manual menggunakan air dan sabun khusus beserta sikat halus. Setelah melakukan proses pencucian, Anda dapat langsung menyedot bagian yang telah dicuci menggunakan ekstraksi penyedot basah agar sabun dan kotoran terhisap sehingga jok akan kembali bersih.
  • Pembersihan Instrumen Dashboard
    Setelah itu, Anda dapat membersihkan instrumen dashboard mobil seperti panel-panel, tombol, blower AC, setir kemudi, dan lain sebagainya dari kotoran atau debu yang menempel. Anda dapat membersihkannya menggunakan kain atau lap microfiber atau dapat menggunakan kuas berbahan lembut. Agar dashboard terlihat lebih mengkilap dan juga kinclong, Anda dapat mengoleskan pelapis vinil.
  • Pembersihan Bagian Kaca Mobil
    Bagian kaca mobil juga perlu Anda bersihkan menggunakan cairan pembersih yang berbahan lembut. Untuk mengelap kaca, Anda perlu menggunakan bahan lap yang lembut agar lapisan kaca film tidak tergores sehingga kondisinya tetap dalam keadaan yang jernih.

Detailing Eksterior Mobil

Sebelum melakukan proses detailing eksterior, Anda perlu membersihkan seluruh bodi mobil menggukan air sampai ke velg serta kolong atau bagian bawah mobil dan gunakan lap khusus untuk menghilangkan debu dan pasir.

  • Pembersihan Velg dan Ban Mobil
    Anda harus membersihkan bagian velg mobil dan ban untuk tahap awal detailing eksterior. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan velg mobil. Anda perlu memilih cairan pembersih khusus velg atau cairan penghilang minyak khusus untuk membersihkan bagian kaki-kaki kendaraan yang dipenuhi oleh kotoran, minyak dan debu yang melekat.

    Setelah menyemprotkan pembersih, Anda dapat menunggu waktu antara 1 sampai 2 menit sebelum menyikatnya guna meluruhkan minyak atau kotoran yang menempel pada bagian velg mobil.

    Untuk membersihkan ban dari kotoran serta jamur yang mungkin saja menempel pada ban, Anda perlu mencuci ban mobil menggunakan cairan pembersih khusus. Setelah ban dicuci bersih, Anda perlu memberikan pelapis ban atau semir dan tunggu hingga terserap, kemudian gunakan kain berbahan katun untuk memberikan sentuhan mengkilap bagi ban.
  • Merapikan Ruang Mesin Mobil
    Langkah pertama, Anda perlu membuka kap mesin mobil untuk membersihkan komponen ruang mesin mobil, rapikan beberapa komponen elektronik seperti kabel menggunakan klip atau alat pengikat khusus kabel. Semprotkan cairan pembersih minyak serta air agar merata. Anda juga perlu menyemprot bagian lapisan non logam anti panas yang biasanya terdapat di bawah kap mobil (bila ada) dengan pelindung vinil atau karet agar tambilannya menjadi lebih berkilau.
  • Pencucian Ruang Mesin
    Anda juga bisa mencuci ruang mesin jika perlu. Untuk membersihkan ruang mesin mobil, baca juga Cara Aman Mencuci Ruang Mesin Mobil.
  • Pencucian Bodi Mobil
    Setelah cara di atas telah selesai Anda lakukan, berikutnya ialah tahap mencuci bodi mobil menggunakan sabun khusus. Lakukan pencucian dengan merata termasuk bagian bawah mobil. Proses mencuci juga harus Anda perhatikan, hindari pencucian yang salah dan dapat merusak bodi mobil. Untuk itu, baca artikel dari Blog Beli Onderdil mengenai Kebiasaan Buruk Saat Cuci Mobil yang Perlu Anda Hindari.
  • Melapisi Cat Menggunakan Wax
    Anda juga dapat memberi permukaan cat bodi mobil lapisan wax agar warna cat tetap berkilau dan membuatnya lebih tahan akan cuaca ekstrim seperti hujan maupun panas.

Demikianlah beberapa cara detaling interior dan eksterior mobil yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Proses detailing ini tentu dapat meningkatkan performa dan tampilan kendaraan Anda agar lebih prima dan tentunya bersih.

© Automotivexist

Untuk mengetahui tips dan info lainnya mengenai otomotif bisa dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything