Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tips Memeriksa Kondisi Mobil Sebelum Pergi Berlibur  (Read 575 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Tips Memeriksa Kondisi Mobil Sebelum Pergi Berlibur
« on: January 05, 2017, 09:11:36 AM »



Kenyamanan mobil tentu menjadi hal utama dalam mengemudi. Performa mobil yang baik, akan memberikan kesiapan bagi si mobil untuk dikendarai kapan saja dan dimana saja.

Kondisi kendaraan yang prima akan membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh. Pemeriksaan kondisi kendaraan penting dilakukan untuk mengantisipasi perjalanan jauh atau untuk persiapan mobil sebelum mudik luar kota atau untuk perjalanan sangat mendadak. Dapat dibayangkan betapa susahnya bila di tengah perjalanan tiba tiba mesin mobil mogok atau paling sederhana bannya bocor. Pastilah perjalanan yang mestinya menyenangkan menjadi menyebalkan.



Agar perjalanan terasa nyaman, tips cek kondisi mobil berikut layak untuk Anda terapkan. Tips ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel otomotif. Berikut ulasannya :

  • Oli Mesin
    Oli mesin merupakan cairan pertama yang harus Anda periksa. Anda perlu memastikan bahwa oli mesin berada di tingkat atau volume yang cukup. Anda dapat memeriksa volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada dipstick. Level oli perlu berada di garis antara tanda “L “ dan “F” dan seharusnya sedikit di bawah garis level “F”, jika level oli di bawah volume yang sesuai, tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli mobil Anda masih cukup untuk jarak yang akan Anda tempuh.
  • Air Radiator dan Air Reservoir
    Berikutnya, air radiator dan air reservoir juga perlu diperiksa, Anda perlu memastikan bahwa air radiator telah terisi penuh atau sesuai dengan kadar yang ditentukan. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi air reservoir dimana kadarnya harus sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.
  • Filter dan Selang Bensin
    Anda juga perlu memastikan kondisi filter dan selang bensin, pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.
  • Kipas Pendingin
    Periksa putaran kipas pendingin, bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. Cek juga ketegangan tensioner belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik masih baik dan layak.
    Cara memeriksa pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.
  • Timing Belt
    Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik merekomendasi pemakaian lebih lama.
  • Air Filter (Saringan Udara)
    Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.
  • Aki (Accu)
    Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni, jangan menambah dengan air sembarangan.
  • Ban
    Cek kondisi ban, apakah ada benda tajam yang merusak ban. Periksa juga tapak ban apakah ada yang terparut dan periksa juga tekanan angin ban. Tekanan ban yang normal sekitar 30 — 34 psi.
  • Rem
    Periksa level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.
  • Lampu
    Periksa seluruh lampu. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal.  Bila ada lampu yang mati, segera lakukan penggantian komponen.
  • Wiper
    Wiper ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan komponen satu ini dapat berfungsi karena terpasangnya wiper di mobil tentu dapat membantu pengendara ketika berkendara di kala hujan dimana dapat membantu sudut pandang pengendara agar jelas, bersih dan bebas dari segala gangguan termasuk guyuran air hujan.

Pemeriksaan yang Anda lakukan terhadap seluruh komponen di atas tentu dapat membuat keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara tetap terjaga ketika pergi berlibur atau menempuh perjalanan yang cukup jauh. Apabila terdapat salah satu komponen yang mengalami kerusakan, tentunya Anda membutuhkan komponen pengganti yang baru. Nah, bagi Anda yang memerlukan berbagai keperluan suku cadang baik bertaraf genuie maupun aftermarket tak perlu susah mencari-cari, BeliOnderdil merupakan tempat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan suku cadang yang berkualitas. Tunggu apa lagi, kunjungi situs BeliOnderdil sekarang.

© Asuransiastra

Untuk mengetahui tips dan info lainnya seputar otomotif baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up