Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Ciri-ciri Kerusakan pada Wiper Mobil  (Read 295 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Ciri-ciri Kerusakan pada Wiper Mobil
« on: February 11, 2017, 10:03:26 AM »

Wiper memiliki dua bagian utama yaitu lengan wiper dan karet wiper. Pada umumnya, bagian lengan wiper ini jarang sekali mengalami kerusakan. Namun apabila terindikasi rusak, bagian ini dapat diatasi sendiri atau dengan membeli lengan wiper yang baru. Berbeda dari karet wiper yang perlu dilakukan penggantian secara periode setiap satu tahun sekali, penggantian idealnya dapat dilakukan ketika memasuki awal musim hujan.

Ada suatu alasan penting mengapa karet wiper perlu diganti setiap setahun sekali. Hal ini karena karet wiper terbuat dari bahan karet yang mudah rusak jika terkena paparan sinar matahari. Kerusakan karet wiper yang sering terjadi ialah karet wiper yang menjadi keras dan tidak elastis lagi serta karet wiper yang pecah-pecah.

Kedua kerusakan utama tersebut membuat sapuan wiper terhadap kaca mobil menjadi tidak maksimal dan kurang merata. Ketika sapuan wiper kurang merata, maka air hujan yang deras akan sangat menghalangi pandangan si pengendara.

Ciri-ciri Wiper yang Mengalami Kerusakan

Kondisi wiper sebenarnya dapat diketahui saat karet wiper menyapu kaca depan mobil sewaktu hujan, apakah masih bagus atau justru sudah rusak. Beberapa tanda sapuan wiper telah mengalami kerusakan antara lain :

Sapuan tidak rata
Sapuan wiper membentuk kabut
Sapuan wiper menyisakan lumuran air
Karet wiper menggores kaca
Saat bergerak wiper mengeluarkan bunyi
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything