Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penyebab Kerusakan Pintu Mobil dan Cara Memperbaikinya  (Read 293 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Penyebab Kerusakan Pintu Mobil dan Cara Memperbaikinya
« on: February 13, 2017, 09:17:09 AM »

Pintu mobil merupakan salah satu komponen dari bodi mobil yang memiliki peran sangat penting. Pintu mobil ini harus berfungsi dengan baik untuk menjaga keamanan penumpang dalam mobil dan sebagai sara keluar masuk penumpang. Tak hanya itu, komponen pintu mobil lainnya seperti handle pintu dan kunci juga harus dapat beroperasi dengan optimal. Begitu pun dengan kaca jendela yang harus berfungsi dengan baik yakni bisa bekerja naik dan turun. Terkadang banyak faktor dan penyebab yang dapat membuat pintu mobil mengalami kerusakan. Permasalahan yang terjadi pada pintu mobil tentu dapat menganggu kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, apalagi jika pintu mobil tidak simetris.

Kerusakan pintu mobil bisa terjadi pada beberapa bagian yang disebabkan oleh beberapa hal. Apabila Anda lalai, bukan tidak mungkin kerusakan akan merambat ke komponen pintu lainnya. Lantas apa sajakah masalah yang sering terjadi pada kerusakan pintu mobil ? Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa penyebab kerusakan pintu mobil beserta cara memperbaikinya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan pintu mobil mengalami kerusakan, diantaranya ialah :

Karet pintu yang sudah getas akibat usia pemakaian yang sudah lampau.
Pengait pintu yang sudah rusak dan membuat pintu mobil susah tertutup.
Lis pintu mobil yang sudah mulai rusak.
Pintu mobil dapat mengalami perpindahan posisi turun ke bawah. Hal tersebut dapat terjadi akibat engsel pada pintu mobil sudah mengalami keausan sehingga tingkat presisinya menurun. Terjadinya bagian di area engsel pintu yang sudah keropos juga menjadi salah satu penyebab berubahnya dudukan pintu mobil. Tak hanya itu, kerusakan pintu dapat terjadi akibat baut pengikat engsel sudah mulai mengalami keausan. Masalah lain yang mungkin pernah Anda temui ialah pintu telah terkunci namun terasa belum menutup sempurna, hal tersebut terjadi akibat setelah kunci yang sudah bergeser. Untuk itu Anda perlu melakukan penyetelan ulang pintu.

Handle dan kunci pintu terlepas atau patah
Jika Anda pernah mengalami permasalahan ini, penting bagi Anda untuk segera melakukan penggantian pintu mobil yang baru. Namun jika komponen tersebut hanya terlepas saja, Anda masih bisa memperbaikinya dengan cara membuka door trim. Hal ini terjadi akibat lepasnya pengikat besi penghubung yang berada di dalam.

Jendela mobil tidak dapat naik dan turun
Permasalahan lain yang sering terjadi pada pintu mobil ialah kaca jendela yang tidak dapat beroperasi naik dan turun atau justru miring. Hal ini disebabkan oleh rel atau jalur mekanisme kaca jendela telah lepas dari tempatnya. Solusi yang dapat lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah melihat pada bagian dalm pintu dan mengembalikannya ke rel atau jalur kaca pada posisi awal atau posisi semula.

Pintu tidak dapat menutup rapat
Selain jendela yang tidak bisa naik dan turun, masalah lain pada pintu mobil ialah pintu yang tidak dapat menutup dengan rapat karena karet pada pintu mobil yang sudah getas, permasalahan ini sering terjadi pada mobil yang sudah lama pemakkainnya. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan mengganti karet pintu yang baru. Untuk ukuran pintu depan, umumnya Anda memperlukan panjang karet sampai 4 meter.

Ketika permasalahan di atas terjadi pada pintu mobil Anda, segeralah memperbaikinya agar pintu mobil dapat beroperasi kembali dengan baik dan optimal.
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything