Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penyebab sistem starter mobil bermasalah  (Read 273 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Penyebab sistem starter mobil bermasalah
« on: February 17, 2017, 10:43:15 AM »

Permasalahan mobil yang mogok mungkin pernah dirasakan oleh para pengendara sekaligus pemilik mobil. Mobil yang mogok ini kerap terjadi dikarenakan sistem starter mobil yang bermasalah. Terlebih ketika mogok terjadi ketika Anda sedang fokus berkendara di jalan raya, tentunya hal ini akan membuat pengendara merasa kesal. Mobil yang mogok pun perlu didorong atau di-jumper akinya agar mesin kembali hidup.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Blog BeliOnderdil akan menginformasikan hal-hal yang mengakibatkan mobil mogok karena tidak bisa di-starter berserta cara perbaikan yang dapat Anda lakukan. Simak ulasan berikut ini :

Penyebab-penyebab sistem starter mobil bermasalah.

Lampu kontrol dashboard hidup pada saat kontak, dan ketika di-starter tidak berfungsi, hanya lampu dashboard yang berkedip.
Lampu kontrol pada dashboard hidup pada saat kontak dan saat distarter timbul suara yang aneh.
Starter berjalan dengan normal, akan tetapi mesin tidak berputar dan terdapat bunyi gesekan gigi berputar.
Lampu kontrol dashboard mati pada saat kontak dan tidak dapat di-starter.
Penyebab di atas tersebut seringkali ditemui pada saat starter mobil. Apa yang menyebabkan berbagai permasalahan itu terjadi? Berikut pembahasannya :

Masalah pertama dimulai jika starter mobil Anda tidak berfungsi, namun lampu kontrol dashboard menyala, dan ketika men-starter terlihat lampu berkedip. Maka yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa soket otomatis dinamo starter. Terdapat satu kabel berukuran kecil yang terhubung ke dinamo starter. Periksalah kabel kecil tersebut apakah lepas atau putus. Selanjutnya Anda bisa memeriksa sekering dan juga relay nya. Nah, jika saat anda mencoba starter relay terdengar bunyi “klek” kemungkinan masalahnya bukan dari relay dan sekering. Solusi terbaiknya yaitu harus ditangani oleh mekanik bengkel dinamo. Solusi daruratnya Anda bisa menghidupkan mesin mobil dengan mendorongnya.

Masalah yang kedua yaitu jika mobil di-starter timbul suara bising yang keras. Hal tersebut bertanda bahwa strum aki sudah lemah dan tidak cukup kuat untuk menyalurkan arus pada sistem starter untuk memutar flywheel. Ketika bunyi terdengar akan diikuti dengan lampu kontrol dashboard yang berkedip-kedip. Nah, cara untuk memperbaikinya yaitu cobalah lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada kleman kabel aki yang berada di terminal positif dan negatif, Periksa apakah terdapat baut yang longgar atau kotor. Jika tidak, periksa komponen aki, jika terdapat kelonggaran pada terminal positif dan negatif, berarti aki mobil Anda dalam kondisi yang kurang baik. Solusinya yaitu anda bisa menjumper atau memancingnya dengan mendorong mobil (tidak berlaku untuk mobil matik).

Untuk masalah ke tiga yakni jika anda menstarter mobil terdengar bunyi “krek” dan mesin tidak bisa berputar apalagi hidup. Hal satu ini dapat terjadi karena gigi starter atau flywheel yang sudah mengalami keausan, biasanya aus disalah satu sisinya. Sebenarnya permasalahan ini tidak terlalu serius, akan tetapi tetap saja Anda harus memperbaikinya dengan cara membawa kendaraan ke bengkel.

Untuk poin yang terakhir yaitu ketika mobil di-starter, semua lampu kontrol mati. Kemungkinan permasalahan ini terjadi pada strum. Cobalah Anda periksa kabel aki kemungkinan ada yang longgar, jika kabel baik-baik saja dan strum aki normal. Cobalah Anda periksa lagi di soket kunci kontak, jika Anda tidak berhasil menemukan masalahnya, hubungi saja mekanik karena harus ditangani oleh orang yang ahli kelistrikan.
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything