Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Mengganti Sekering Mobil yang Putus  (Read 273 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Mengganti Sekering Mobil yang Putus
« on: February 25, 2017, 10:33:29 AM »

Fuse atau yang biasa dikenal dengan nama sekering merupakan suatu komponen sistem kelistrikan mobil yang mempunyai manfaat teramat penting meskipun memiliki ukuran yang kecil.

Sekering mobil ini berfungsi sebagai penyuplai arus listrik apabila suplai listrik lebih dari batas wajar, lalu fuse berfungsi untuk menahan serta memutus aliran listrik. Dengan fungsi dan perannya tersebut, tentu piranti mobil yang lain tak akan rusak maupun terbakar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan dan memastikan bahwa sekering selalu bekinerja dengan optimal.

Ketika suatu sirkuit kelistrikan teraliri arus yang melebih batas amannya, maka sekerting otomatis akan terputus. Tak hanya itu, kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan beberapa hal yang dapat menyebabkan sekering mobil putus. Berikut ulasannya :

Sekering putus saat lampu berukuran besar digunakan. Hal tersebut dapat terjadi dengan kemungkinan penyebab terdapat kekeliruan pada tombol atau terjadi korsleting pada kabel-kabel yang terhubung.
Sekering putus saat kendaraan bergoncang. Banyaknya sisi isolator yang rusak tentu dapat membuat sekering putus ketika kendaraan bergoncang karena bagian-bagian tersebut dapat menyentuh bodi mobil.
Sekering terputus ketika menginjak pedal rem. Jika hal ini terjadi pada kendaraan Anda, segeralah periksa sisi sebagian dari lampu beserta tombolnya, kemudian simpulkan apakah terdapat kabel yang terkelupas atau jalur kabel salah yang mengakibatkan sekering putus.
Sekering putus saat mengaktifkan tombol dimmer switch dari lampu besar. Penyebab dari permasalahan ini lantaran tuas yang rusak.
Sekering putus ketika gigi persneling mundur dimasukkan. Switch lampu mundur memiliki kemungkinan telah terindikasi kerusakan dan membuat sekering putus.
Lampu sekering putus waktu sein aktif. Sekering juga dapat putus ketika kabel tuas lampu seing mengalami korsleting.
Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab yang membuat sekering mobil putus, Anda tentunya perlu melakukan perbaikan dan pergantian sekering mobil agar komponen ini dapat bekinerja dengan optimal kembali untuk mencegah korsleting pada mobil. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini :

Pertama-tama tentunya Anda perlu memastikan mobil dalam keadaan mati dan jangan lupa untuk mencabut atau melepas kunci kontak.
Anda juga perlu memastikan bahwa memang sekering telah terputus, bukan karena terjadi permasalahan pada sistem kelistrikan yang lain. Sekering yang putus tentu dapat diketahui jika suatu komponen listrik tiba-tiba mati ketika sedang beroperasi, seperti contoh matinya power window ketika dinaikkan atau diturunkan, wiper yang sedang menyapu air hujan tiba-tiba mati, headlamp yang tiba-tiba mati saat menyala, dan sebagainya.
Setelah sekering dipastikan mengalami masalah, untuk memperbaiknya tentu Anda perlu menemukan lokasi fuse panel atau kotak sekring. Baca buku manual kendaraan Anda untuk mengetahui dimana letak kotak sekering ini berada. Pasalnya, setiap kendaraan memiliki letak fuse panel atau kotak sekring yang berbeda-beda, kadang terletak di ruang mesin, atau di kabin mobil dekat dengan lutut pengemudi.
Setelah menemukan letaknya, Anda perlu membuka panel sekering, kemudian akan terlihat sekering dengan varian warna yang berbeda yang menunjukkan besarnya amperage sekering tersebut, selain itu nilai amperage juga tertulis pada sekering.
Untuk memudahkan Anda, pada umumnya di bagian belakang cover kotak sekering terdapat diagram penjalasan fungsi masing-masing sekering, namun jika tidak ada, cobalah baca buku manual kendaraan Anda.
Sebelum mencabut sekering, Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu. Lakukan tes sekering menggunakan alat multimeter atau test pen DC. Jika Anda memilih opsi multimeter, setting terlebih dahulu multimeter pada bacaan ohmmeter, lalu hubungkan kedua probe (+ dan -) pada ujung logam besi sekering, sekering dapat dikatakan putus jika bacaan multimeter error atau tak terhingga, namun jika bacaan menunjukkan ada hambatan (0 atau 0.0001milli-ohm) sekering masih berada dalam kondisi yang bagus. Apabila Anda tidak memiliki multimeter atau test pen, pemeriksaan secara visual sekering yang putus penting untuk Anda lakukan dengan cara mencabut sekering terlebih dahulu.
Berikutnya Anda dapat mencabut sekering yang putus. Untuk mencabut sekering biasanya disediakan fuse puller yang berada di fuse panel atau kotak sekering.
Selanjutnya, barulah Anda melakukan penggantian sekering, perhatikan bahwa nilai amperage sekering harus sama dengan yang asli, terkecuali jika Anda sudah pernah menambah beban elektrik sendiri. Sekering harus tertancap pada slotnya dengan tepat, sehingga tidak akan timbul percik bunga api saat terbebani.
Penting bagi Anda untuk menghindari pemakaian sekering yang tidak berkualitas baik atau abal-abal, pasalnya sekering model tersebut dapat menyebabkan kotak sekering meleleh, dimana biaya penggantian kotak sekering sendiri terbilang cukup mahal.
Setelah sekering telah terpasang dengan tepat, Anda dapat menghidupkan mesin mobil untuk melakukan tes sistem kelistrikan yang sebelumnya mati, seperti apakah power window sudah dapat beroperasi kembali, lampu sudah menyala lagi dan seterusnya. Jika sudah berhasil, penggantian sekering mobil yang putus dinyatakan telah berhasil.
Pantau selalu sistem kelistrikan mobil Anda, jika ternyata sekering yang sama putus lagi, berarti ada masalah yang lebih serius dari sekedar sekering overload. Segera bawa ke bengkel untuk mengecek sistem kelistrikan mobil Anda.
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything