Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tips Merawat Dashboard Mobil  (Read 310 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Tips Merawat Dashboard Mobil
« on: February 25, 2017, 11:44:41 AM »

Dashboard merupakan salah satu komponen interior mobil yang perlu untuk diperhatikan dan dirawat secara rutin. Komponen ini memiliki peran sebagai panel berbagai switch dan indikator seperti meletakkan kisi AC berikut pengaturnya, airbag serta sistem audio. Dashboard berfungsi sebagai batas fisik antara penumpang dengan pemandangan di luar kaca depan serta menunjang faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Dilihat dari letaknya, dashboard merupakan komponen yang kerap terkena terik matahari langsung dalam kurun waktu yang lama terutama ketika mobil melaju di jalan yang cukup panas. Untuk itu, tak jarang kondisi dashboard dapat berubah kusam seiring bertambahnya usia mobil. tak hanya sinar matahari, debu yang menempel juga dapat mempengaruhi penampila dashboard yang akan terlihat kusam dan dapat merusak komponen tersebut.

Untuk itu, perawatan secara rutin penting dilakukan guna menjaga dashboard agar tetap dalam tampilan yang bersih tak peduli berapa usia mobil yang Anda miliki. Kali ini, Blog Beli Onderdil akan memberikan tips untuk merawat dashboard mobil dengan tepat, berikut ulasannya :

Bersihkan Debu
Membersihkan debu yang menempel pada permukaan dashboard merupakan perawatan paling sederhana untuk menjaga tampilan dashboard mobil. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, ataupun kain lap bersih.

Debu dan kotoran kerap menempel pada bagian lekukan dan sukut dekat kaca depan, untuk itu Anda perlu memperhatikan bagian tersebut. Jika Anda melakukan pembersihan menggunakan penyedot debu, pilihlah yang portable dan memiliki selang belalai sehingga debu yang berada di sela-sela dashboard pun dapat ikut terhisap. Jika menggunakan kemoceng dan kain lap pilihlah yang memiliki bahan atau permukaan halus.

Gunakan Sedikit Air
Kotoran di dashboard dapat Anda bersihkan menggunakan lap microfiber yang dapat Anda temukan di toko perawatan kendaraan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan bahwa kain lap microfiber tidak disarankan untuk direndam dengan air, cukup dibuat lembab dengan percikan atau semprotan air.

Untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Beri sikat gigi tersebut sedikit percikan air agar ujungnya melembab kemudian sikat perlahan bagian dashboard yang tertempel oleh noda. Pastikan sikat gigi memiliki tekstur bulu yang lembut agar tidak menggores permukaan dashboard mobil.

Gunakan Cairan Pembersih
Setelah debu dan noda berhasil hilang dari permukaan dashboard, semprotkan cairan pembersih khusus ke bagian interior mobil satu ini. Pembersih dashboard dapat berupa cairan atau foam, pilihlah pembersih dengan jenis lotion. Hindari cairan pembersih yang mengandung silicone karena dapat membuat permukaan dashboard belang.

Jangan menggunakan sabun cuci atau pembersih rumah tangga. Dashboard umumnya terbuat dari bahan khusus yang mungkin sensitif terhadap pembersih biasa. Menggunakan bahan pembersih yang tidak cocok dapat menyebabkan dashboard kusam, belang, atau meninggalkan bekas usapan.

Semprot secukupnya ke permukaan dashboard, dan gunakan lap kering yang lembut untuk meratakannya ke seluruh permukaan. Jangan  menekan  terlalu  keras  karena kemungkinan  akan membuat dashboard baret. Jika sudah, usap kembali dengan lap kering baru yang masih bersih sampai permukaan dashboard benar-benar kering.

Beri Lapisan Pelindung
Agar dashboard mobil menjadi berkilau kembali Anda dapat menyemprotkan pembersih dashboard yang mempunyai bahan dasar water base. Setelah itu lap kembali menggunakan kain halus kering agar dashboard mengkilap. Aplikasikan produk pelindung dashboard ini karena dapat memberikan lapisan pelindung terhadap paparan sinar matahari, kotoran, dan debu.

  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything