Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tanya Seputar Audio Mobil  (Read 535 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Tanya Seputar Audio Mobil
« on: March 16, 2017, 09:48:49 AM »



Cara Memasang Stereo Audio Mobil

Audio mobil merupakan salah satu sumber hiburan bagi para pengendara atau siapapun yang berada di dalam kabin mobil. Mendengarkan musik lewat audio mobil tentu dapat meringankan beban selama perjalanan. Namun, sistem audio yang tidak berkualitas bisa menghasilkan suara yang tidak nyaman untuk didengar. Hal ini dapat membuat pemilik mobil tak sungkan untuk mengeluarkan biaya tambahan agar sistem audio mobil tetap memiliki performa yang maksimal.

Untuk meringankan biaya, sebenarnya para pemilik mobil dapat memasang atau mengganti sendiri audio mobilnya. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan hal tersebut, terutama pemahaman akan segala komponen seperti kabel dan sistem audio lain agar pemasangan dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kerusakan.

Kali ini, Blog Belionderdil akan memberikan tahap-tahap instalasi audio stereo mobil dengan tepat. Anda perlu membaca buku petunjuk perangkat stereo mobil sebelum mulai melakukan pemasangan mengingat tahap penginstalasian yang terbilang rumit. Cermati uraian berikut ini :

 

A. Tahap 1 : Pelepasan stereo yang lama

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah pastikan bahwa kondisi mobil dalam keadaan rem tangan yang terpasang. Setelah itu, Anda harus melepaskan terminal negatif (-) aki mobil untuk menghindari terjadinya korsleting ketika melakukan proses penginstalasian. Pastikan Anda mengetahui dan paham cara yang tepat untuk melepaskan aki mobil.
2. Selanjutnya, Anda harus memulai pembukaan sekrup pelindung trim dengan cara melepaskan semua komponen sekrup dengan teliti dan hati-hati terutama ketika melepaskan trim agar tidak patah. Anda dapat menggunakan alat pengungkit atau tangan untuk melepas trim.
3. Mulailah melepas trim. Terdapat beberapa jenis mobil yang memiliki trim plastik dan harus dilepaskan mulai dari bawah ke atas.
- Jika terdapat trim yang memiliki tombol atau laci sebagai pengaman atau pelindung, Anda harus melepaskan komponen tersebut terlebih dahulu sebelum melepas trim.
4. Untuk memasuki saluran stereo, Anda harus melepaskan berbagai komponen tertentu. Komponen yang terhubung dengan kabel ke mobil perlu Anda lepaskan satu persatu. Sebelumnya ambilah gambar atau potret foto komponen tersebut untuk membantu Anda ketika melakukan pemasangan kembali.
5. Renggangkan stereo. Elemen yang menjadi penahan rangkaian stereo berbeda pada setiap mobil.
- Gunakan alat khusus seperti obeng atau kunci mur untuk merenggangkan stereo yang ditahan oleh sekrup atau baut.
- Anda memerlukan alat pelepas radio jika sekrup atau baut tidak menjadi penahan perangkat stereo.
- Gunakan alat khusus itu untuk membuka penahan perangkat stereo dengan memasukkan kunci ke dalam slot kecil baik sisi kanan maupun kiri. Lakukan hal tersebut sampai stereo mobil terlepas dari tempatnya agar Anda dapat menarik atau mengambilnya dengan mudah.
6. Berikutnya, mulailah melepas stereo dari tempatnya, agar stereo dapat dengan mudah terlepas, gunakan tang runcing untuk menahan bagian tepi perangkat tersebut. Lepas atau tarik secara perlahan. Pastikan semua penahan seperti baut telah terlepas agar stereo mobil dengan mudah keluar.
7. Jangan lupa untuk mengambil gambar seluruh penghubung kabel agar memberi kemudahan bagi Anda ketika harus memasang kembali semua kabel tersebut.
8. Lepaskan sambungan stereo. Anda akan melihat beberapa kabel yang terhubung pada bagian belakang, dan Anda harus melepaskannya.
- Pertama, lepaskan kabel antena, biasanya berbentuk kabel lebih tebal yang terpasang terpisah dari kabel-kabel lainnya. Setelah terlepas, Anda dapat lebih mudah menggerakkan perangkat stereo.
- Selanjutnya lepaskan masing-masing konektor soket kabel. Biasanya ada beberapa konektor dan Anda bisa mengenalinya karena rangkaian kabel akan terpasang pada masing-masing konektor. Potongan plastik tempat kabel dicolokkan memiliki tab maupun tombol yang dapat didorong, dan ini akan melepaskan soketnya.
B. Tahap 2 : Pemasangan Stereo yang Baru

Anda harus menyesuaikan kabel dengan cara mencocokkan kabel soket mobil dengan soket stereo yang baru. Anda dapat melihat konektor soket mana yang cocok mengingat masing-masing konektor soket memiliki perbedaan.
Lakukan pemeriksaan terhadap diagram kabel mobil dan stereo agar keamanan tetap terjaga serta memastikan pemasangan kembali dapat berjalan dengan benar.
Anda perlu mencocokkan masing-masing kabel dengan cara manual ketika stereo mobil tidak memiliki soket kabel. Cocokkan kabel dengan kode warna yang sama.
Lakukan penyambungan kabel. Anda dapat melakukan proses tersebut dengan cara memampatkannya karena lebih mudah dan cepat atau menyoldernya yang dapat memberi sambungan lebih baik dan stabil. Gunakan ukuran alat yang tepat untuk menyambungkan kabel. Hindari penggunaan selotip untuk menyambungkan kabel karena perlahan dapat mengering dan terlepas, untuk itu gunakanlah tali pengikat (zip ties)
Berikutnya lakukan pemasangan penahan berupa kit dengan tepat dan sesuai petunjuk yang benar.
Setelah itu, lakukan penyambungan sumber listrik. jika komponen stereo memiliki soket kabel, koneksi tersebut akan dibuat ketika Anda memasang soket stereo baru tersebut ke soket dalam mobil.
Anda harus melakukan penyambungan manual jika tidak menggunakan soket kabel. Teliti dengan benar apakah mobil memiliki sumber arus dengan alihan berupa kabel merah, atau justru sumber arus konstan berupa kabel kuning. Cari petunjuk lebih detail mengenai hal ini.
Selanjutnya Anda harus melakukan pentanahan atau dengan nama lain ground pada stereo tersebut. Bagi Anda pengguna soket kabel, tahap ini akan dilakukan ketika Anda menghubungan soketnya.
Bagi Anda yang tidak menggunakan soket kabel, temukanlah lokasi baut, kabel, atau sekrup yang terhubung dengan sasis logam terbuka pada mobil. Longgarkan komponen seperti baut, kabel, atau sekrup tersebut dan selipkan ke kabel pentanahan stereo berupa warna hitam, setelah itu kencangkan.
Proses atau koneksi pentanahan ini memiliki peran yang signifikan terhadap performa stereo mobil. Untuk itu lakukan pengkoneksian pentanahan dengan tepat dan tidak longgar agar kualitas suara memiliki performa yang optimal.
Selanjutnya, lakukan penyambungan dengan kabel-kabel yang tersisa. Anda perlu memasang kabel antena dan menyambungkan adaptor kabel stereo dengan kawat soket kabel mobil. Agar stereo yang baru dapat kompatibel atau cocok dengan sistem audio mobil Anda dapat menyambungkan salah satu konverter keluaran.
Ujilah stereo baru, hidupkan dan periksa komponen AM, FM dan CD. Untuk memastikan suara bekerja dengan baik cobalah pengaturan fade dan balance.
 

C. Tahap 3: Mengakhiri Pemasangan

Pasang kembali stereo sesuai dengan tempatnya. Anda akan mendengar suara klik ketika stereo telah terpasang dengan benar.
Selanjutnya, Anda perlu menyambungan kembali beberapa komponen lain. Lakukan pengencanan pada sekrup yang menjadi penahan perangkat, pasang kembali kabel sesuai dengan tempatnya juga tombol, laci, dan komponen lain yang telah dilepas.
Pasanglah trim berserta semua sekrup dengan tepat dan sesuai pada tempatnya.
Lakukan pencobaan terhadap stereo yang baru, hidupkan mesin dan lakukan pengaturan stereo untuk memastikan telah beroperasi dengan benar.
 

Pemasangan stereo audio mobil yang dilakukan sendiri tentu dapat menambah pengalaman Anda dan mengurangi biaya yang terbilang jauh lebih mahal jika Anda harus membawanya ke bengkel terdekat. Dalam proses pemasangan ini, Anda perlu mencermati dan memahami semua tahap dengan tepat agar menghindari terjadinya resiko kerusakan terhadap salah satu komponen.

Untuk kebutuhan berbagai komponen audio mobil dengan kualitas terbaik dari varian merek ternama, dapat Anda temukan dengan mudah hanya di BeliOnderdil, segera kunjungi situs kami dan dapatkan berbagai penawaran menariknya. Blog BeliOnderdil akan kembali dengan instalasi suku cadang lainnya.


©WikiHow



Dan buat agan- agan semua yang mau memberikan informasi seputar audio mobil serta tanya jawab seputar audio mobil silahkan disini saja.
Trims
  
Logged
Pages: [1]   Go Up