Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mobil Anda Mbrebet ? Mungkin Mass Air Flow Sensor Perlu Dibersihkan  (Read 238 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95

Salah satu masalah yang kadang dialami oleh beberapa mobil baru yang telah menggunakan teknologi injeksi diantaranya adalah mesin yang mbrebet. Penyebab mobil mbrebet ini pun beraneka ragam mulai dari pengapian yang kurang pas, kotornya injektor bahan bakar hingga adanya masalah pada sensor sensor sensitif yang terdapat di dalam mobil.

Beberapa hal sepele yang dapat menjadi penyebab mobil mbrebet adalah adanya gangguan pada sensor yang digunakan untuk mengontrol penyemprotan bahan bakar sehingga terjadi miss komunikasi antara semprotan bahan bakar kedalam mesin dengan sistem pengapian.

Untuk dapat Anda ketahui bahwa pada mobil mobil terbaru saat ini yang telah mengaplikasikan tehnologi Engine Management System ini mengatur komposisi bahan bakar yang disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk dan dikontrol oleh MAFS ( Mass Air Flow Sensor ). Fungsi dari sensor ini yakni untuk mengetahui berapa jumlah udara yang masuk, yang kemudian sinyal dari sensor ini dikirim ke ECU. Jika sensor MAF ini sampai kotor maka sinyal yang dihasilkan oleh sensor ini akan kacau dan mempengaruhi suplay bahan bakar.

Penyebab kenapa sensor ini bisa kotor adalah kurangnya perawatan berkala pada kendaraan, atau jika pada kenyataanya Anda merasa rajin merawat kendaraan dengan servis ke bengkel resmi bisa jadi penyebab sensor menjadi kotor adalah si mekanik yang tidak melakukan pembersihan pada komponen yang ini.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan contactor cleaner yang tersedia di toko elektronik. Caranya cukup mudah, pertama silahkan Anda lepas sensor MAF ini yang letaknya tidak jauh dengan saringan udara pada mobil, lepas juga socketnya. Selanjutnya lepaskan sensor MAF ini dari housingnya dan semprot dengan menggunakan Contactor cleaner hingga bersih. Tunggu sensor tersebut mengering, kemudian pasangkan kembali ke kondisi semula.

Catatan

Berhati hatilah ketika melepas sensor ini, jangan sampai terjatuh karena dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal. Jangan menggunakan cairan pembersih lain selain Contactor cleaner, misalnya injector cleaner ataupun brake cleaner dan sebagainya karena cairan lain selain contactor cleaner akan meninggalkan noda minyak/residu yang malah dapat mengakibatkan semakin mbrebet­­-nya mobil kesayangan Anda.

Jika Mass Air Flow sudah dibersihkan dan mobil masih mengalami mbrebet, Anda perlu memeriksa saringan bahan bakar baik yang berada didalam tangki bahan bakar maupun yang terdapat pada kolong mobil. Namun, untuk hal ini akan lebih baik jika Anda membawa kendaraan ke ahli servis untuk mengatasi hal ini.
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything