Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penyebab dan Cara Mengatasi Sekring Mobil Sering Meleleh  (Read 221 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Penyebab dan Cara Mengatasi Sekring Mobil Sering Meleleh
« on: March 24, 2017, 03:43:00 PM »

Sekring pada jalur kelistrikan mobil mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kabel body mobil yang terjadi akibat hubungan arus pendek atau konsleting. Terkadang kita menemukan sekring mobil meleleh entah itu pada bagian sekringnya sendiri atau pun pada soket sekring atau rumah sekring.

Mengetahui penyebab sekring mobil meleleh

Sekring mobil yang meleleh disebabkan karena panas yang timbul pada daerah sekitar sekring, panas itu sendiri disebabkan karena ukuran atau ampere sekring lebih kecil dari arus listrik yang mengalir melewati sekring tersebut. Contoh yang mudah untuk menggambarkan kondisi di atas adalah ketika Anda menjumper aki mobil untuk stater tetapi kabel yang digunakan untuk jumper menggunakan kabel kecil seukuran kabel listrik di rumah. Maka ketika kedua aki yang di jumper terhubung dengan kabel kecil tadi dan ketika mesin di starter bisa jadi kabel akan panas membara.

Sekring mobil yang sering meleleh juga bisa disebabkan karena faktor rumah sekring atau soket sekring yang longgar atau kontak pada sekring terdapat kotoran yang menyebabkan panas. Maka tidak perlu heran ketika sekring yang meleleh diganti kemudian sekring yang sudah di ganti tersebut tidak lama kemudian juga ikut meleleh.

Sekring mobil sering meleleh jarang Anda temukan pada mobil baru, yang sering adalah mobil lama dengan penambahan kabel untuk aksesories atau keperluan lain dalam mobil, tanpa menggunakan sekring terpisah tetapi menggunakan sekring yang sudah ada, yang berakibat kelebihan beban pada sekring tersebut.

Tips Mengatasi Sekring Mobil Meleleh

Sekring mobil meleleh biasanya juga disertai dengan rumah sekring yang ikut meleleh, untuk mengatasinya setidaknya harus terlebih dulu memperbaiki soket pada rumah sekring tersebut. Jika memang tidak bisa diperbaiki soket sekring harus diganti.

Selanjutnya untuk mengatasi agar sekring tidak meleleh lagi adalah mengganti sekring dengan kemampuan arus lebih besar dari beban setelah melakukan perbaikan atau penggantian rumah sekring.

Anda juga harus mengetahui dengan pasti beban arus listrik yang melewati sekring tersebut, jika sudah mengetahui dengan pasti berapa ampere listrik yang melewati sekring, Anda bisa menggunakan sekring dengan ukuran 5 ampere lebih tinggi dari arus yang lewat sekring.

Misalnya,headlamp mobil dengan daya 130 watt berapa ukuran sekring yang harus di gunakan?

Cara hitung ukuran Ampere sekring untuk lampu depan dengan daya 130 watt adalah 130 watt dibagi 12 volt pada aki mobil dan hasilnya adalah sekitar 10,8 ampere, dan cukup aman jika sekring yang digunakan adalah 15 atau 20 ampere.

Nah, jika Anda sudah mengetahui jumlah ampere yang digunakan tentu akan lebih memudahkan Anda dalam mengganti sekringnya. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!
  
Logged
Pages: [1]   Go Up