Car > General Car Discussion

Gejala Kerusakan Pada Switch Dinamo Starter Mobil

(1/1)

BeliOnderdil:
Pernahkah Anda mengalami kendaraan yang tidak bisa di-starter? Jika kendaraan Anda berupa motor, Anda masih bisa meng-engkolnya, namun bagaimana jika kendaraan yang tidak bisa di-starter adalah mobil? Kali ini BeliOnderdil.com akan memberitahukan kepada Anda ciri-ciri kerusakan pada switch dinamo starter atau solenoid pada motor starter mobil. Karena tentu saja akan menjengkelkan jika saja ketika Anda sedang terburu-buru dengan urusan penting kendaraan tiba-tiba tidak bisa hidup karena starter tidak berfungsi dan tidak bisa memutar mesin.

Penyebab Dinamo Starter Rusak

Dinamo starter tidak bisa memutar mesin atau tidak bisa menghidupkan mesin karena beberapa sebab diantaranya adalah:

Setrum aki mobil kurang atau aki soak, akibat aki soak saat mobil distarter akan terdengar bunyi tek,tek,tek,tek dengan interval cepat.

Solenoid stater rusak, switch stater rusak terdapat dua macam yaitu rusak pada gulungan atau rusak pada switch nya itu sendiri

Karbon brush habis
Gulungan didalam motor starter terbakar
Untuk kerusakan pada gulungan switch stater
Pada switch stater terdapat dua gulungan yaitu pull in coil dan hold in coil, fungsi pull in coil untuk mendorong pinion gear dan fungsi hold in coil untuk menahan gear pinion ketika memutar roda gila/flywheel.

Kerusakan pada gulungan pull in coil membuat pinion tidak bergerak maju, atau pinion tidak bergerak maju juga  mirip jika carbon brush pada motor stater habis,karena karbon brush berfungsi untuk menghubungkan pull in coil dengan ground sehingga pull in coil bekerja mendorong pinion gear.

Kerusakan pada gulungan Hold In Coil biasanya terjadi karena terjadi short diantara gulungan yang menyebabkan kemagnetan untuk menahan pinion saat terhubung dengan flywheel berkurang, sehingga sebelum sempat memutar roda gila, gear pinion stater sudah kembali mundur.

Kerusakan Pada Saklar atau Kontak Switch Starter

Karena dinamo starter di pakai secara terus menerus setiap kali menghidupkan mesin mobil, lama kelamaan terjadi keausan pada kontak yang terdapat pada switch stater.

Keausan pada kontak switch stater seperti terlihat gambar di atas akan membuat dinamo starter hanya terdengar bunyi “Cetek” satu kali setiap kali starter mesin.

Tips dan solusi mengatasi dinamo starter mobil yang bunyi “cetek” setiap starter mesin adalah dengan cara mengganti switch starter.

Semoga Bermanfaat!

Navigation

[0] Message Index

Go to full version