Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Gejala Ignition Coil Mobil Bermasalah  (Read 248 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Gejala Ignition Coil Mobil Bermasalah
« on: March 25, 2017, 01:57:33 PM »

Ignition Coil adalah sebuah transformer (pengubah) voltase listrik yang terdiri dari dua koil: primary coil dan secondary coil. Tugas utamanya adalah untuk 'menyalakan' pembakaran busi mobil. Ignition coil adalah salah satu komponen terpenting dalam sistem pembakaran. Masalah pada ignition coil dapat mengganggu performa kendaraan, meskipun kita sudah memakai busi mobil terbaik sekalipun.

Terkadang, ada saja mekanik nakal yang akan mencoba mengelabui Anda untuk mengganti ignition coil yang menurut mereka 'bermasalah', terutama bila kita terlihat tak begitu paham soal mobil. Agar terhindar dari hal-hal yang kurang menyenangkan, di bawah ini adalah beberapa gejala dari rusaknya sebuah ignition coil.

Adanya masalah start-up
Ini tentu tanda-tanda paling umum dari ignition coil yang bermasalah. Hal ini kadang dapat memburuk pada udara/suhu dingin atau saat mobil lama tak dinyalakan. Periksa juga kondisi high tensions lead di sistem pengapian.

Boros bahan bakar

Bila ignition coil bermasalah, busi tak mendapat jumlah pengapian yang seharusnya. Hal itu membuat mesin harus bekerja lebih keras dari yang seharusnya hingga membutuhkan bahan bakar di atas jumlah normal.

Ledakan dari knalpot

Bunyi yang pasti nggak enak ini juga salah satu gejala paling awal rusaknya ignition coil. Hal ini terjadi bila surplus bahan bakar memancar juga ke saluran pembuangan. Itulah kenapa asap hitam yang menyertai bunyi ini kadang tercium seperti bensin/solar. Lebih baik cepat dibetulkan sebelum kerusakan makin parah dan memerlukan biaya lebih besar.

Kemudi yang tak stabil dan getaran berlebih

Percaya atau tidak, masalah pada ignition coil dapat berpengaruh pada kemudi. Saat mesin dinyalakan, mobil cenderung akan "batuk dan merepet". Dalam kecepatan tinggi dan saat mesin idle, getaran yang lebih dari biasanya juga akan terasa.

Mesin mogok

Akibat jumlah percikan api ke busi yang tak normal lagi, ketidakstabilan pada mesin tentu akan terjadi. Bila keadaan makin memburuk, kemungkinan mesin mati saat mobil dalam posisi idle juga bisa menjadi salah satu tanda.

Untuk itu kenalilah dan pahamilah gejala dari rusaknya Ignition oil, Agar Anda ketika mobil Anda diperbaiki, Anda bisa melakukan penggantian sesuai dengan penyebab kerusakannya. Semoga Bermanfaat!
  
Logged

wahyu san

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6
Re: Gejala Ignition Coil Mobil Bermasalah
« Reply #1 on: November 04, 2017, 09:38:58 AM »

bermanfaat gan :ph34r:
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything