Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: tanya tentang kiprok  (Read 21078 times)

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
tanya tentang kiprok
« on: October 20, 2007, 06:41:21 PM »

kemaren malem tiba2 bohlam lampu motor putus semua....
tadi siang beli bohlam lampu, juga beli kiprok...(soalnya aq kira kiprok penyebabnya).

setelah itu aq belikan kiprok imitasi mereknya fukuyama... setelah dipasang yang baru, semua bohlam jadi tidak menyala.... :crazy2:

pertama aq kira sambungan kabelnya yang bermasalah, tapi sebelum aq bongkar kabelnya aq coba pake kiprok yang lama..eh...taunya malah nyala ,n terang banged....karena bingung kubawa tuh motor ke bengkel...daripada pusing...nah sampe di bengkel... tuh montir bilang kalo kiproknya ngga apa2  :buck2:, katanya tuh lampu putus gara2 sekering di aki putus...akhirnya nganggur tuh kiprok...nah aq tuh heran... apa sih hubungannya kiprok sama aki... mohon bantuannya... :angel:
  
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #1 on: October 23, 2007, 01:15:36 PM »

Hubungan kiprok sama aki? Kiprok itu kan regulator untuk mensuplai listrik dari dinamo/spul ke aki supaya ngga kebesaran atau kekecilan. Kalo terlalu besar air aki cepat habis dan aki jebol, kalo terlalu kecil aki akan tekor terus.
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #2 on: October 23, 2007, 10:04:01 PM »

 :huh: mmmmm
Jadi Kiprok itu apa yah artinya?  Sorry kuper  :buck2:
Logged
10001101010100101100001

BEAN

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #3 on: October 26, 2007, 11:46:32 AM »

FYI.
kiprok fungsinya sama juga dengan dioda menyearahkan arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) karena tegangan dari spul yg dihasilkan adalah AC dan yang di butuhkan oleh kelistrikan kendaraan adalah DC.

mohon maaf kalo saya salah ...peace.....
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #4 on: October 26, 2007, 02:01:11 PM »

Bener koq mr. bean, ga usah malu-malu dunks...  ;D
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #5 on: October 30, 2007, 08:52:41 PM »

HMmmm.....ga gitu ngerti to be honest

Apakah kiprok itu ada hubungannya ama coil apa something else?  :huh:
Logged
10001101010100101100001

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #6 on: October 31, 2007, 08:46:18 AM »

Halah neh anak :buck2: Padahal loe tau tuch cara terangin lampu sepeda yang pake dinamo. Bedanya kalo di sepeda dinamo dipake untuk nerangin lampu, kalo di motor dipake untuk charge aki. Nah loe tau sendiri kan di sepeda, kalo genjotnya kenceng lampu-nya terang, kalo genjot pelan lampunya redup. Nah dimotor juga sama, kalo lagi ngebut lampu terang, kalo pelan jadi redup. Makanya nge-charge akinya ga stabil. Kadang besar, kadang kecil, jadi harus ada regulator supaya stabil nge-chargenya. Nah kata mr. bean juga benar, kalo di dinamo tegangannya AC sedangkan aki itu tegangannya DC, sekalian dech diubah.
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

yusdi

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #7 on: January 22, 2008, 10:38:38 PM »

punten semuanya...

gini masalahku. motorku kl dipake RPM agak tinggi tegangan lampu jadi tinggi n lama2 putus...

3 kali uda aku bawa ke bengkel (resmi+non resmi) n ga bisa nyelesaikan masalah itu..

kata montirnya masalahnya di : kiprok, aki, spul..

tapi uda 3 kali ganti koq masalahnya tetep sama ya....emg dulu aku pernah copot akinya bbrp bulan.

mohon pencerahannya

tq b4

nb : aku pake kawasaki ninja 2003
Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #8 on: January 23, 2008, 11:43:53 AM »

punten semuanya...

gini masalahku. motorku kl dipake RPM agak tinggi tegangan lampu jadi tinggi n lama2 putus...

3 kali uda aku bawa ke bengkel (resmi+non resmi) n ga bisa nyelesaikan masalah itu..

kata montirnya masalahnya di : kiprok, aki, spul..

tapi uda 3 kali ganti koq masalahnya tetep sama ya....emg dulu aku pernah copot akinya bbrp bulan.

mohon pencerahannya

tq b4

nb : aku pake kawasaki ninja 2003

Kalau lampu putus buat ngebut kalau ngga pakai aki memang sering begitu...,
soalnya denger2 aki juga ikut membantu menjaga tegangan, dengan kata lain aki tempat pembuangan dari kelebihan muatan di kiprok,
denger2 juga nih kalau ngga ada aki kiprok jadi rusak karena ngga ada pembuangan buat muatan yang berlebihan di kiprok
jadi mending pasang aja deh akinya lagi..., kalau mau dilepas sepertinya harus ada beberapa modifikasi di perlengkapan elektroniknya....
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

yusdi

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #9 on: January 23, 2008, 02:48:14 PM »

itu dulu..

sekarang udah aku standartin lagi (pasang aki kering)...

dengan aki baru,kiprok baru tetep aja ada masalah kelistrikan seperti yg udah kusebutin..

tegangan jadi tinggi kl rpm ditinggiin..

gmn dunk itu? masak aku ga bisa ngeceng malem2...  :coolsmiley:

tq b4
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #10 on: January 23, 2008, 05:10:15 PM »

Emang kiprok dan spul-nya pernah ganti? Coba balik ajah lagi ke aki basah, mungkin ajah kemampuan kiprok untuk ngecharge aki ga bagus kalo pake aki kering... Atau ganti aki kering yang lebih bagusan...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

yusdi

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #11 on: January 24, 2008, 07:55:26 PM »

kiprok uda ganti baru..spul juga ud dibenerin....

teuteup aja ga bener2....

pusing aku..mau cari montir kemana lagi... :buck2:
Logged

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #12 on: February 06, 2008, 11:00:42 PM »

ini sekedar yang saya tau...garis besar pasti bener(Untuk kelistrikan AC):

1.Spul:pengubah dari energi gerak/kinetik ke energi listrik.
   1.1:Spul CDI:menghasilkan listrik untuk CDI
   1.2:Spul Aki:menghasilkan listrik untuk Aki
2.Pulser:Alat hitam kecil yang ada di dekat magnet,gunanya memberi tanda CDI untuk
   menghubungkan/memutus arus.
3.Kiprok:Penguat arus yang dihasilkan oleh Spul Aki yang kemudian bercabang ke
  listrik yang masuk Aki dan listrik langsung ke lampu(misalnya lampu depan dan lampu
  belakang)makanya kalo kunci on lampu depan g isa nyala kan??soalnya g ikut aki.
4.Aki:Penyimpan energi listrik,kemudian digunakan untuk lampu Rem,Lampu Reting,
   Spedo meter, dan elektrik starter.
5.CDI:Otak dari kelistrikan,mengatur kapan arus listrik harus terhubung dan terputus,
   sesuai dengan Top dari piston.tentunya dibantu Pulser.jng lupa CDI jg mengatur max
   putaran (Torsi)salah2 bisa meleduQ.
6.Koil:Penguat tegangan listrik(V) kekuatan listrik yang muncul dari koil sepeda motor
   bisa mencapai 9000 Volt namun tidak terlalu berbahaya karena arusnya(I) kecil.
7.Busi:alat untuk memberikan percikan listrik kedalam ruang bakar,yg kemudian bertemu
   dengan bensin dan akhirnya muncul ledakan saat piston keadaan "Top"

Dari semua rangkaian kelistrikan saling berhubungan dan berputar2 seperti rantai makanan..^^

hope can help u...biar gw cuman lulusan D1 mesin motor bensin.^^
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #13 on: February 14, 2008, 10:36:42 AM »

Yeahhhh  :ph34r: Hebuat bro cupliz  :coolsmiley:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

motomoto

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #14 on: March 08, 2008, 12:06:24 AM »

kiprok uda ganti baru..spul juga ud dibenerin....

teuteup aja ga bener2....

pusing aku..mau cari montir kemana lagi... :buck2:

santey aja boss....... sikering udah pernah putus kan? nahh itu berarti ada yang short circuit, atau koslet. cari yang kosletnya dimana. ngetes kabel bodi koslet atau ngga, tinggal pasangin sikering ke tempatnya (di putus nyambung) pas kontak dimatiin, liat di tempat sikring pas sikring ditempel2in ada percikan ga, klo ada itu ada yang koslet. nah yang bingun cari yang kosletnya dimana. jalan pintas, beli kabel bodi seluruhnya, trus pasangin lagi pasti OK!!! :ph34r:
Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #15 on: March 10, 2008, 10:25:52 AM »

Ada ngga sih bengkel yang bisa bikin kabel body custom tapi bagus... dibuat ringkas tapi tetap berfungsi semuanya...
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #16 on: March 11, 2008, 12:07:14 PM »

beli aja kabel sendiri...trus tiru kabel body original...yg jelas klo bro mau supaya jelan semua jumlah kebelnya ga bnyk berkurang...paling2 bro cuman kurangin kabel ijo(kabel massa)soalnya massa isa ambil dari body langsung^^

cuba dah try2^^ aku sih cuman pake lampu dpn,blakang,lampu rem,ama kunci.lampu sen g pake^^,jadi kabelnya pake cuman dikit aja^^aku buat sendir kok^^

cuba aja experimen2..awas konslet tp^^ :ph34r:
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #17 on: March 12, 2008, 08:45:18 AM »

kalau dibuat masuk rangka...pakai kabel telpon bahaya ngga ya...
temenku ada yang bikin astrea grandnya kabel bodynya dimasukkan rangka... pakai kabel telpon...keren juga bisa keliatan bersih.... tapi aku kuatirnya kabel telpon itu kan bukan serabut... jadi bisa patah...
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #18 on: March 13, 2008, 12:00:29 AM »

FYI.
kiprok fungsinya sama juga dengan dioda menyearahkan arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) karena tegangan dari spul yg dihasilkan adalah AC dan yang di butuhkan oleh kelistrikan kendaraan adalah DC.

mohon maaf kalo saya salah ...peace.....

Nambahin : kiprok itu bahasa bengkel, bahasa tekniknya RECTIFIER-REGULATOR,
Cara kerjanya menyearahkan arus AC dari spul-magnet menjadi DC untuk mengisi aki, dan mengatur tegangan tidak lebih dari 13,8 V, kalau putaran mesin makin tinggi,
tegangan yang dihasilkan juga makin tinggi, nah selebihnya 13,8 V akan dibuang ke massa.

kiprok uda ganti baru..spul juga ud dibenerin....

teuteup aja ga bener2....

pusing aku..mau cari montir kemana lagi... :buck2:

Kemungkinan besar, kabel dari kiprok yang ke massa tidak terpasang, jadi tegangan ke
lampu bisa sampai 80 V, BTW beberapa merk dan type spt HONDA, SUZUKI, yang type CUB (bebek) untuk penerangan menggunakan arus AC (untuk Honda warna kabel dari kiprok KUNING.

Semoga membantu
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: tanya tentang kiprok
« Reply #19 on: March 14, 2008, 10:19:02 AM »

Thanks bro neog atas pencerahannya...  :ph34r:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...
Pages: [1]   Go Up