Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Kiat Hemat Merawat Motor  (Read 6516 times)

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Kiat Hemat Merawat Motor
« on: January 20, 2005, 01:54:58 PM »

Paling kesel kalau motor lagi rewel. Apalagi hari gini, BBM naik harga komponen pun ikut menanjak. Daripada ngerogoh kantong buat ngebenerin motor mending sedia payung sebelum hujan. Rawat motor sekarang! Lumayan kan buat ngirit pengeluaran!

Merawat motor sebenarnya tak sulit-sulit amat, koq! Hanya butuh sedikit ketelatenan dan disiplin. Awalnya mungkin memang agak males, tapi kalau sudah menjadi rutinitas motor pasti nggak terasa, dan motor akan selalu oke ketika dibawa ngacir. Jadi Bro Bikers harus simak kiat hemat merawat motor berikut.

1. PERIKSA TEKANAN ANGIN BAN
Jaga selalu tekanan angin ban. Tekanan yang kurang bisa berakibat permukaan ban habisnya tidak rata dan benjolan-benjolan pada ban. Selain itu, jika ditinggal lama dalam ruangan (lebih dari 1 hari) beri alas agar ban tidak langsung menyentuh bumi. Pasalnya, kalau tidak diberi alas, selain tekanan ban akan berkurang terus setiap harinya, permukaan ban juga lama-lama menjadi tidak rata dan benjol.

Tekanan angin ban untuk Honda Bebek (Supra, Nice, Karisma,Kirana,dll) 200kPa (2,00 kg/cm2, 28 psi) untuk depan dan 225 kPa (2,25kg/cm2, 33 psi). Sementara untuk motor lanang alias tipe sport untuk Neotech (GL Max, GL Pro) tekanan ban depan 175 kpa (24 psi) dan belakang 200 kpa (28 psi). Sedangkan untuk Megapro 25 psi depan dan 29 psi belakang dan untuk Tiger, tekanan ban depan200kpa (29psi), belakang 225 Kpa (33psi)

2. TAMBAH AIR AKI PAGI HARI
Pengen aki awet? Jangan sekali-kali tambah air aki dalam kondisi motor habis pakai,  karena accu zuur nya akan memuai. Tambahkan pada pagi hari ketika motor dingin atau belum dihidupkan. Untuk Aki, jangan lupa ditengokin minimal 1000 km atau satu bulan sekali level airnya, jangan kurang apalagi sampai kering di sel-selnya. Kalau dah kering, siap-siap deh ngerogoh kocek beli aki baru karena umur tuh aki nggak bakalan lama lagi.


3. TIDAK PERLU KURAS AKI
Jangan suka nguras aki pake air panas, itu akan merontokkan sel-sel yang ada dalam aki, yang akan membuat short antar selnya. Pake air dingin gimana ? Nggak boleh juga! Pokoknya enggak ada itu teorinya nguras aki, yang penting perawatannya, titik.

4. JAGA KABEL, HINDARI TIKUS
Tikus memang nakal dan tak kenal aturan. Apa saja digigit termasuk kabel-kabel di motor kesayangan kita. Walhasil, besoknya tuh motor akan mogok jalan. Buat jagain kabel kita dari serangan tikus, coba taruh beberapa kamper di bawah jok dan cover aki. Insya Allah tuh tikus gak iseng lagi gigitin kabel-kabel motor kita.

 
5. PERIKSA BERKALA KONDISI OLI MESIN
Jangan malas secara berkala membuka baut indikator oli untuk melihat kondisi oli mesin. Tambahkan jika kurang, dan jangan sampai kosong karena akan berakibat fatal pada mesin. Lakukan penggantian oli maksimum setiap 2000 km. Jangan pernah ditunda!. Selain itu gunakan oli sesuai standar kekentalan pabrik SAE 20W-50. Hindari memakai oli mobil karena selain tidak ekonomis juga tidak sesuai dengan spek mesin. Oli mobil hanya untuk mobil dan bukan untuk motor!

(Sumber wahanaartha.com)
  
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...
Pages: [1]   Go Up