Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Yamaha Tesseract  (Read 5036 times)

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Yamaha Tesseract
« on: November 04, 2007, 02:00:29 PM »



Kapan....Punya Motor kaya gini ......... :ph34r: :ph34r:
kayaknya ngga bakalan sering jatuh.... :crazy2: :wacko: ^_^
  
« Last Edit: November 04, 2007, 02:02:07 PM by m0k0_ginta »
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Yamaha Tesseract
« Reply #1 on: November 04, 2007, 02:09:17 PM »

Yamaha Tesseract dari namanya punya arti menggoda. Pas memang. Sesuai peruntukannya, menggoda pengunjung pameran agar mau mampir ke stand Yamaha di The 40th Tokyo Motor Show 2007 lalu.

Ini merupakan revolusi bagi pabrikan Yamaha Jepang menghadirkan sebuah rancangan kendaraan di kelas menengah. Sebab kalau pada umumnya pabrikan merancang sebuah produk motor hanya sebatas penambahan teknologi di mesin serta fitur. Namun pada Yamaha Tesseract, semua perubahan secara radikal telah dilakukan.

Skenarionya, kendaraan ini dirancang agar pengendaranya seperti naik motor. Selain aroma berkendara pada alam terbuka, juga rancangan suspensi dibikin seperti mengendara motor. Meski beroda empat namun bisa rebah kala menikung tajam.

DetailPihak Yamaha menyebut teknologi suspensinya ada dua sistem. Pertama Dual Scythe Suspension. Lengan ayun seperti sabit. Ketika menikung, semua roda ikut miring dan tetap ngegrip. Luas bidang kontak ban tetap lebar di aspal. Sehingga selain tidak licin, tidak takut limbung yang berakibat bikin terbalik.

Juga sangat nyaman. Sebab antara roda kiri dan kanan dibikin suspensi independen. Ketika roda kiri masuk lubang, roda kanan tidak merasakan itu. Sehingga kendaraan tidak miring alias tetap tegak.
Sistem kedua, Yamaha menyebutnya Dual Arm Lock System. Bisa dilihat dengan penerapan dua roda di depan dan belakang yang terhubung ke dual arm-lock system tepat di dekat mesin. Untuk mengurangi redaman dan menjaga kestabilan motor ketika manuver, lengan ayun ganda yang terkunci di sasis utama diredam kejut oleh monosok pada masing-masing lengan ayun.

Nah, dengan rancangan seperti ini paling unik sistem kemudinya. Sebab untuk menggerakan 4 rodanya agar bisa belok kanan-kiri, kedua lengan ayun model sabit tadi masing-masing didukung batang pengungkit as roda alias tie-rod. Sehingga ketika setang dibelokan berlawanan arah, maka keempat rodanya secara otomatis ikut miring dan belok sesuai perintah. Hebatnya, motor tetap stabil dikendarai.

Hebat!

diambil dari majalah motorplus edisi....  No 453 / VIII, 3-10 November 2007  :angel:
Logged
Is not what we ride but how we ride it!
Pages: [1]   Go Up
 

anything