Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Aman Lewati Hujan  (Read 5386 times)

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Cara Aman Lewati Hujan
« on: January 20, 2005, 02:00:52 PM »

1. Ban Botak Jangan Dipakai
Musim hujan begini jangan pake ban botak Brur! Kalau kedalaman alur kurang dari 2 mm, sebaiknya ganti. Beli yang baru dan pilih ban yang kembangannya menyalurkan aliran air keluar.

2. Pake jas hujan model celana
Musim hujan begini baiknya bawa selalu jas hujan. Yang bagus model stelan baju-celana bukan model ponco, gak aman bro.. Bahaya kalo model ponco, bisa berkibar-kibar kaya BATMAN mengganggu pengendara lain, dan potensi bahaya bagi si pengendara juga besar karena ponconya bisa nyangkut di kendaraan lain.

3. Oleskan tembakau di kaca Helm
Derasnya air hujan menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau helmnya full face. Perbedaan hawa membuat  kaca    berembun. Hilangkan embun dengan membuka separuh kaca atau taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca sampai rata dan bersihkan. Dijamin air tak mengumpul dan embun hilang.

4. Turunkan Tekanan Ban
Awas, pas jalan berair karet ban tak sepenuhnya nempel aspal atau bahasa kerennya Aquaplanning. Triknya, kurangi tekanan angin ban 3-5 psi. Makin kempis, permukaan yang nempel di aspal lebih banyak. Dijamin lebih stabil, asal bannya gak botak ya.

5. Nyalakan Lampu Depan
Saat hujan turun apalagi jika deras, pandangan mata kita ke depan menjadi tak jelas. Agar menghindari tabrakan dengan kendaraan lain nyalakan lampu depan agar pengendara lain tau keberadaan kita.

(Sumber wahanaartha.com)
  
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

reza_tts

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10
Re: Cara Aman Lewati Hujan
« Reply #1 on: March 07, 2005, 03:11:28 PM »

Ada beberapa cara lagi :
1. Oleskan lem aquarium disekitar tutup busi,agar mesin tidak gampang mati karena kemasukan air
2. Jika lewat banjir pastikan ketinggian air tidak melewati tinggi mesin anda. Dan sebisa mungkin gantung gas anda (konstan)
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Cara Aman Lewati Hujan
« Reply #2 on: March 07, 2005, 04:11:04 PM »

Jadi semenjak udah tinggal di Jakarta loe udah biasa kebanjiran ya ja.... Hue he he
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: Cara Aman Lewati Hujan
« Reply #3 on: June 23, 2005, 07:40:42 PM »

satu lagi.....pinter2nya loe orang mainin rem tangan + kaki kalo lagi ngebut & harus berhenti mendadak.  Kalo ngga bisa jangan ngebut kalo hujan :P
Logged
10001101010100101100001

Yudhiez

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 17
Re: Cara Aman Lewati Hujan
« Reply #4 on: August 02, 2005, 05:09:26 PM »

kalo hujan jangan sekali-kali pake payung... :crazy2:
Logged

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Re: Cara Aman Lewati Hujan
« Reply #5 on: August 13, 2005, 10:22:07 PM »

kalo hujan jangan sekali-kali pake payung... :crazy2:

bener klo hujan tuh jgn sekali-kali buka payung..daripada nanti kesamber petir..mending pake jas hujan ketauan ^_^
Logged
Beware of Doggy Syle
Pages: [1]   Go Up
 

anything