Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!  (Read 48552 times)

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« on: November 11, 2007, 08:39:41 AM »

Bro M0k0 atau kawan2,

Ajarin atau bagi2 ilmu gimana cara jadi tukang cat yang baik.  Terus peralatan apa aja yang harus saya punya?  Cat kelas teri sampe kelas kakap apaan aja merknya?  Ruangan harus khusus kaga atau asal grasi?

Thanks seblumnya
  
Logged
10001101010100101100001

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #1 on: November 11, 2007, 12:12:55 PM »

Paling ngga, yang harus punya....

1. Kompresor....( ngga usah besar2 banget 1/2 pk udah cukup)
2. Air Filter...( filter supaya air dalam kompresor tidak ikut keluar)
3. Spray Gun...( hati2 dengan tipe dan merek)

model2 spraygun pada dasarnya terbagi menjadi dua (umum)

1 model tabung bawah...
model klassik jaman dulu pada pake jenis kaya gini....., biasanya yang dipake mereknya Sagola....
kelebihan : kalau tabung bawahnya besar, ngga perlu sering2 masukin cat ke spet...
kekurangan : kadang cat 1 tabung ngga habis...  ^_^

2. model tabung atas...
model sekarang ciri2nya seperti pistol dengan tabung diatas.... sekarang banyak yang pake gini...kalau aq percaya ama merek meiji...udah lama dan sering aq pake....( lebih awet)
kelebihan : cat pasti habis, membersihkan lebih mudah, penggunaan lebih mudah
kekurangan : kalau ngga hati2 cat bisa tumpah di bidang yang akan dicat terutama pada bidang datar...

untuk ruangan:
ruangan apa saja boleh tapi harus bersirkulasi yang bagus..., udara harus cepat ganti..., kalau mau lebih bagus lagi bisa pakai  cabinet\Studio Spraybooths ( kata orang bule bilang) ini contohnya

http://www.graphicsdirect.co.uk/subcategories/1031/TechFlo.htm

ini cara bikin sendiri cabinet...

http://www.airbrush.com/how-to-guide.aspx?content=how-to/howtoDetail&id=163

kalau mau yang lebih besar harus pesen...( wah kalau ampe punya bisa punya bengkel cat mobil oven)
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #2 on: November 11, 2007, 12:19:58 PM »

Untuk pengecatan motor

Jenis cat yang digunakan adalah jenis "Cat Duco" nah cat ini bisa dilarutkan dengan thinner....

cat 2 yang sering digunakan Isamu( aq sering pake coz murah), danagloss, suzuka, dan seabreg merek lain...

untuk thinner DTL, Impala, TIga roda,...tapi pilih yang high gloss.

untuk menguji thinner yang bagus.., semakin bagus thiner maka thinner tersebut makin irit digunakan, sebab hanya dengan prbandingan yang tepat, standard sudah menghasilkan ramuan cat yang halus dan langsung mengkilap ketika disemprotin...

sampai sini dulu nanti sore aq lanjutin....
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #3 on: November 11, 2007, 05:36:11 PM »

untuk jenis bahan clear yang digunakan... kalau aq saranin pake clear bakar....hasilnya lebih bagus dan langsung mengkilap... untuk mereknya bisa langsung beli dipasaran..yang pake hardener ya...caranya pernah diulas disini, hardener agak dibanyakin dari seharusnya ( sedikit aja) dari pada ngga kering.... :buck2:

untuk clear bakar juga ada thiner khususnya, semerek dengan merek clear tersebut, lesonal, catina, sikkens, dlsb...

untuk cat dasarnya aq jelasin besok yah... ini baru ada order desain... :buck2: :angel: ^_^
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #4 on: November 11, 2007, 11:21:37 PM »

Brotha M0k0 is da Man!  Thanks alot bro!

Besok gua kalo ada waktu jalan2 ke daerah tukang cat....kalo ada pertanyaan jangan bosan ama pertanyaan newbie kaya gua yah hehehe

Once again....Thanks  :ph34r:
Logged
10001101010100101100001

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #5 on: November 12, 2007, 01:25:41 AM »

ok deh bro Noobie.... :ph34r:

untuk memulai cat kita harus punya dasar yang halus dahulu...

untuk cat lama kita siapkan 2 jenis amplas (kertas pasir)
amplas ini terdiri dari 2 jenis yaitu amplas kain dan amplas kertas (waterproof)
dan sesuai dengan perkembangannya sekarang banyak ampelas yang ngawur ukurannya dan gampang habis...

cari aja yang agak kasar 100-200 ukuran kekasarannya untuk mulai menggosok di awal..( dempul dan cat yang terkelupas). setelah itu kita gosok lagi dengan amplas yang lebih halus digosok pake air sabun, dan dicuci sampai bersih dari kotoran yang berupa lumpur, minyak, dll . setelah halus kita mulai semprotkan epoxy...
epoxy ini terdiri dari dua bahan yaitu epoxy itu sendiri dan hardener, untuk campuran kita terapkan sama dengan clear, jangan sampai ngga kering...epoxy merupakan pewarna dasar juga, tersedia warna kuning, abu2, hitam.
thinner bisa apa aja, semakin bagus thinner, semakin halus epoxy....

setelah selesai epoxy itu disemprotkan merata, tunggu semalaman....untuk menjamin keringnya, setelah itu kita gosok lagi dengan ampelas halus, agar didapat bidang yang licin, gosoknya pake aer ya...kalau mau pake sabun lagi lebih bagus... setelah halus dan sudah dicuci lagi... mulai dengan pewarnaan..

diperhatikan jangan sampai ada sisa minyak/ silikon sebelum di cat ( lemon pledge, kit , dkk) kalau sekiranya masih mengandung minyak, dicuci dulu dengan bensin... -_-

kalau ada masalah dan ada yang kurang jelas mohon dimaklumi....ini tutorial singkat....cobalah bereksperimen... sebab kegagalan, dan pengalaman masih menjadi guru terbaik di dunia... :ph34r:
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #6 on: November 12, 2007, 07:33:45 AM »

sekedar sharing pengalaman.... biasanya kalau orang yang pertama kali ngecat kurang memperhatikan tekanan angin yang keluar dari ujung spray gun...(model spet meiji R-2), kadang terlalu besar, sehinga hal itu yang buat cat jadi belepotan..., jadi kalau pingin ngga belepotan dikira-kira dulu enaknya anginnya seberapa... jangan langsung ke bidang yang bakalan di cat... ;D

keuntungan tambahan kalau angginnya pas cat jadi lebih irit... :ph34r:
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #7 on: November 12, 2007, 07:36:19 AM »

nah rasanya tutorial belum lengkap kalau ngga ada gambarnya....

besok kalau dapet pinjeman kamera, pas ada proyek nge-cat aku upload foto2nya.... :ph34r:

ini postingan q ke 200..... ;D :wacko: :smitten:

ini print screennya.............. :smitten:




ternyata Full Member cuman 3 orang.... ;D jadi yang nomer 3 dah... :wacko:
« Last Edit: November 12, 2007, 07:56:29 AM by m0k0_ginta »
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #8 on: November 12, 2007, 10:03:36 AM »

Wah  ;D sorry neehhh... gara2 si Noobie  :tickedoff: jadi turun ke 199. Posting satu lage yah bro..  :smitten:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #9 on: November 12, 2007, 10:17:59 AM »

gpp bro....  ;D

kok bisa jadi turun ada postingan yang dihapus kah?

Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #10 on: November 12, 2007, 11:15:04 AM »

Iya tuch dia yang suruh hapus...  :uglystupid2:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #11 on: November 12, 2007, 10:41:28 PM »

Hehehehe....tidak maksud menodai rating bro M0k0....it just my personal reasoning :)
Logged
10001101010100101100001

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #12 on: November 13, 2007, 12:08:46 AM »

Gpp bro Noobie nyantai aja... :ph34r:
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

minyaktoge

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #13 on: November 26, 2007, 10:56:31 AM »

hello all,...
gua juga newbie nih dan tertarik dengan pengecetan/coating dengan spray gun. mo tanya dan minta input-nya.
untuk pengecatan & coating clear pake spray gun nozzle 1,3 hasilnya bisa cukup halus gak? lebih baik beli yg nozzle-nya 1,2 , 1,3 , 1,4, ato 1,6? ada saran merek apa yang bagus tapi tidak terlalu mahal(budget 300-600rb)? dan compressornya merek apa yang kira2 lumayan dan tidak terlalu mahal? terus,.. apakah ada accesoris lain yang harus dibeli juga?
sorry kl terlalu banyak tanya  -_-
« Last Edit: November 26, 2007, 11:01:57 AM by minyaktoge »
Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #14 on: November 26, 2007, 01:07:10 PM »

@ bro minyaktoge

ukuran spraygun tergantung dari kekuatan kompresor..... semakin besar nozzlenya semakin besar angin dari kompresor yang diperlukan... -_-

menurut pengalamanku kalau cuman buat ngecat motor ( bukan mobil ) pake Meiji R2 (lumayan banyak dipasaran) sudah bisa cukup halus, dengan kompresor 1 hp ... atau pake spray gun seukuran itu misalnya Einhil, dsb

kalau buat mobil aku saranin pake spraygun yang nozzlenya gede, tapi kalau cuman dikit2 ( lecet/ tergores) pake nozzle kecil juga bisa...., 2 bulan lalu aq malah ngeblok mobil mazda interplay cuman pakai Meiji R2... ^_^ tapi hasilnya tetp bagus..., tapi dengan Spraygun yang ujungnya keluarannya seperti kipas....

coba aja pake sraygun kecil dulu..., asal bro minyak bisa mengatur keluaran angin dan cat dengan pas pasti hasil akhirnya baik, untuk mobil kalau pake sg (spraygun) kecil mungkin harus memakai compound pada finishing hasil akhirnya, tapi kalau bisa mengkilap tanpa kompon, kilatnya lebih bagus, untuk teknik tanpa compund biasanya jenis2 cat oven, soalnya minim debu..., tapi kalau udah jago bisa kok ngga perlu oven2an... ;D walaupun akhir akhir pasti beda..., tergantung tekniknya juga...


saranku pake sg yang pakai tabung atas...lebih gampang pakenya, bersihin juga enak... masalah ukuran tergantung kompresor
untuk kompresor aku saranin beli yang dinamonya terpisah... kalau rewel gampang perbaiki/ kalau rusak dinamonya bisa dibelikan baru.... :angel:, mending pake listrik, jangan yang pake diesel.. ntar cape harus nyalain berulang...
untuk sg kalau memang belum pengalaman bisa pake meiji R2 dulu... nanti kalau emang udah jago bisa beli yang lebih bagus lagi... kalau di Jogja Meiji R2 harganya ngga mahal Rp.130ribu ngga tau kalau udah naik, atau meiji yang agak besar....tapi kompresor harus besar juga.....
untuk kompresor bisa pake tabung swan biasa, trus minta pake dinamo 1/2 hp (agak murah) 1/2 tahun yang lalu Rp.1,3juta...

yang perlu diingat dalam proses pengecatan tidak dibutuhkan angin yang besar...tapi yang dibutuhin keluaran angin yang tepat... :buck2:, makanya ada regulator....
O iya jangan lupa pake regulator dan filter, biar angin bener2 bersih..terutama terhindar dari air..

yang jelas kalau pingin jago jangan takut2 untuk eksperimen dan keluar biaya..(seperti Oom Noob yang sering eksperimen)... dari kegagalan biasanya malah bisa muncul teknik2 luar biasa.... :ph34r:

Ok segitu dulu maap kalau kurang jelas bisa ditanyakan lagi... -_-
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

minyaktoge

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #15 on: November 26, 2007, 09:36:15 PM »

tq bro m0k0, atas masukan n sarannya-nya.
Logged

minyaktoge

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #16 on: November 29, 2007, 09:21:56 AM »

kemaren sudah tes asal semprot pada helm cetok saya, hasilnya lumayan  ;D
tadinya mo beli Meiji yang FS-G08R nozzle 0,8mm. udah obok2 glodok gak nemu, jadi beli yg F100-G10 nozzle 1mm.

saya dah beli air regulator/air gauge yg kecil yg di taruh di bawah sg. saya masih rada bingung tekanan di air regulator/air gauge. tekanan yg terukur pada air regulator/air gauge tersebut adalah tekanan yang masuk ke dalam sg atau tekanan yg berada di dalam sg? pada sg-nya sendiri juga ada air adjusting valve di bagian bawah sg. bedanya apa antara air adjusting valve pada sg dengan air regulator/air gauge?

di newbielink:http://www.epa.gov/dfe/pubs/auto/spraygun_success/ [nonactive] di tulis:
Ensure 10 psi at the Spray Gun Tip
• Use air hose with inner diameter of 3/8 inch
• Measure air cap pressure with gauges for your specific spray gun (available through your gun distributor).

air cup pressure maksudnya tekanan penampung cat?
Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #17 on: November 29, 2007, 10:44:14 AM »

Meiji F-100, aq tau Sg itu..., itu bagus buat mobil.... Nozzlenya kipas kan..., itu butuh angin besar bro, kalau tekanan kompresor kurang ntar hasilnya bisa seperti kulit jeruk, kalau kebanyakan thinner cat bisa turun, seperti luber.. ( wah gimana ngartiinnya ya..., kurang kosakata nih..) :buck2:

itu butuh kompresor lumayan besar bro...

yang di regulator itu tekanan di dalam sg... maksudnya tekanan dari regulator ke sg... jadi fungsi regulator sebenarnya mengurangi output angin ke dalam sg...

Aircap pressure itu tekanan diujung Nozzle.... sepertinya itu yang dimaksud...( maklum bahasa inggris pas2an), atau mungkin juga itu yang dimaksud tekanan dalam botol SG untuk yang pakai tabung bawah...

Logged
Is not what we ride but how we ride it!

minyaktoge

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #18 on: November 29, 2007, 12:12:50 PM »

ngerti kok  ;D

emank sih, kerjanya gak bisa terus. bentar2 berhenti, nunggu kompressor isi lagi. abis gak ada pilihan lain lg  :buck2:
kl yg FS-G08R air consumptionnya kecil cuma 50L/min. yg F100-G10 100L/min  :buck2:
nanti kumpulin duit, beli yg gedean d  ;D

tq u bro  :ph34r:

F100/F200 newbielink:http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/specF100.htm [nonactive]
FS newbielink:http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/E_PIECE.htm [nonactive]
Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
« Reply #19 on: November 29, 2007, 01:36:09 PM »

kalau cuman buat motor pake yang ini aja juga gpp.... :ph34r:

http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/E_F21L.htm
Logged
Is not what we ride but how we ride it!
Pages: [1] 2   Go Up