Busi basah, knalpot berasap putih -> tanda oli masuk ruang bakar
kemungkinan penyebab :
1. Sil klep (valve seal) jelek (keras, pecah, sobek) karena usia.
biasanya kalau penyebabnya seal klep ini, tenaga mesin tidak jauh melorot.
2. Riing seker (ring piston) sudah aus, biasanya tenaga melorot.
3. Buring (linner) nganthong (aus), hal ini juga menyebabkana tenaga melorot.
Kalau mau dicek, mesti punya alat yang namanya test kompresi (tidak semua bengkel punya - padahal harganya cuman 100 - 200 rb :idiot2:)
Lakukan tes kering, catat hasil pengukurannya, standardnya 12-13 kg/cm2, diluar itu perlu perbaikan.
Kemudian lakukan test basah, dari lubang tempat busi, teteskan oli mesin beberapa cc, test kompresi, catat hasilnya.
Jika test 1 dan 2 hasil tidak berubah, maka cukup ganti seal klep saja
Jika test 2 lebih tinggi dari test 1, maka anda harus melakukan engine overhoul.