Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Carburator  (Read 7755 times)

ININ MUHAEMIN

  • Guest
Carburator
« on: May 13, 2005, 01:16:57 PM »

Aku punya BMW 520 th 1982, carbu sering banjir meski sudah dibersihkan, mesin sulit hidup di pagi hari.
Gimana mengatasinya
  
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Carburator
« Reply #1 on: July 07, 2005, 11:00:17 AM »

Masalah yang sering terjadi pada karburator dikarenakan adanya kotoran-kotoran dari bahan bakar yang masuk sehingga penyaluran bensin melalui spuyer tidak sempurna. Untuk perbaikannya, karburator harus diservis. Biasanya, bagian-bagian yang tersumbat harus disemprot.

Penyemprotan di bagian yang tersumbat dilakukan dengan menggunakan minyak tanah. Jika disemprot dengan minyak tanah, bagian yang telah disemprot akan ketahuan apakah sudah bersih atau belum.

Selain dari kotoran dari bahan bakar, kerusakan karburator biasanya pada bagian injeksi pump dan jarum pelampung. Untuk injeksi pump, kerusakan terjadi pada karet yang telah mengeras "termakan usia" sehingga fungsinya tidak berjalan sempurna.

Sementara itu, jarum pelampung rusak akibat tekanan bensin yang cukup tinggi yang menyebabkan karet yang ada di ujung jarum menjadi tidak rata. Yang akhirnya, karburator akan sering "banjir" sebab jarum pelampungnya tidak menutup dengan sempurna. Untuk perbaikannya, karet-karet tersebut harus diganti dengan yang baru.

Perbaikan karburator kendaraan yang paling sulit biasanya pada mobil-mobil buatan Eropa seperti Mercy, BMW, dan yang lainnya. Kesulitannya terletak pada stelan angin karena untuk mobil-mobil Eropa memiliki 2 stelan angin. Penyetelan pada kedua bagian tersebut harus benar-benar pas dan memerlukan ketelitian.

Sumber: Pikiran Rakyat
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...
Pages: [1]   Go Up