Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Fungsi dan Cara Menggunakan Interior Wax pada Mobil  (Read 2431 times)

Kevin Kusuma

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Fungsi dan Cara Menggunakan Interior Wax pada Mobil
« on: August 11, 2016, 01:19:54 PM »


Memiliki mobil tidak sekadar terlihat keren. Perawatan mobil yang benar juga harus rutin dilakukan. Tidak hanya memastikan agar mesin mobil selalu terawat dan tidak cepat rusak, penampilan luar dan dalam mobil juga tidak boleh diabaikan. Perawatan bodi mobil, baik dari segi eksterior (luar) maupun interior (dalam) juga harus dilakukan. Dengan menggunakan interior wax, Anda pun akan semakin nyaman saat duduk di dalam mobil dan menyetir ke mana-mana. Tidak hanya itu, keluarga dan teman yang ikut menumpang pun juga merasa nyaman.

Tapi, sebenarnya apakah interior wax itu? Bagi yang masih awam, mungkin mendengar kata ‘wax’ langsung akan teringat oleh lilin. Ada juga yang menyamakannya dengan ‘pemoles’. Sekilas memang prinsip ‘waxing’ dan ‘polishing’ (pemolesan) agak mirip. Bedanya, pemolesan hanya berfungsi sebagai pengkilat. Jadi, bila Anda hanya menggunakan ‘car polisher’, Anda hanya akan membuat mobil Anda tampak bersih berkilau alias kinclong.

Interior wax untuk mobil juga berfungsi serupa, namun sekaligus dapat melindungi cat pada mobil agar bertahan lama. Dengan interior wax, dijamin cat bagian dalam mobil Anda tidak akan mudah retak, baik oleh perubahan suhu, goresan, benturan, hingga waktu. Bagaimana proses penggunaannya?
Pertama, Anda memoles dinding bagian dalam mobil Anda dengan cat sesuai warna pilihan Anda. Selesai memoles, barulah Anda segera menggunakan interior wax agar melapisi cat yang sudah Anda poleskan terlebih dahulu pada bagian dalam mobil. Dengan demikian, cat pada dinding bagian dalam mobil tidak akan cepat kusam dan warna terangnya akan bertahan lama.

Bagaimana setelah selesai menggunakan interior wax? Bila mobil Anda masih terlihat mulus atau nihil goresan, tidak perlu melakukan poles ulang. Cukup gunakan interior wax secara berkala untuk mempertahankan kemulusan cat mobil Anda di bagian dalam. Tentu saja, Anda juga harus berhati-hati saat membelinya di bengkel. Jangan lupa membaca petunjuk pada kemasan agar mengetahui fungsi jenis wax yang Anda beli.
Apa sajakah jenis-jenis interior wax untuk bagian dalam mobil Anda?

1. Cleaner wax
Cleaner wax termasuk interior wax yang lebih murah. Sayangnya, wax jenis ini juga cenderung lebih kasar. Lapisan bening pada cat mobil Anda dapat terkikis dengan wax jenis ini. Jika ini yang menjadi pilihan Anda, tidak perlu melakukan pemolesan atau polishing terlebih dahulu. Cleaner wax justru berfungsi untuk menyingkirkan cat mobil lama bila Anda ingin menggantinya dengan yang baru.

2. Wax semprot
Sedang merasa malas melakukan perawatan mobil, namun mobil harus terlihat keren saat ke suatu tempat atau menjemput seseorang? Wax semprot adalah solusi instan untuk Anda. Memang, interior wax jenis ini lebih praktis dan cepat berfungsi saat digunakan. Kekurangannya? Wax jenis ini hanya bertahan selama dua minggu. Setelahnya, warna cat pada bodi mobil Anda akan kembali pudar, kecuali bila Anda melakukan perawatan dengan interior wax untuk mempertahankan warna cat mobil.
Tentu saja, menggunakan interior wax juga jangan berlebihan. Kebanyakan wax malah akan membuat mobil terlihat lebih kotor dan susah untuk dibersihkan. Tidak hanya itu, kotoran akan mengendap dan lapisan wax yang berlebihan akan merekat serta menggumpal. Tidak mau ‘kan, penumpang mobil Anda melihatnya dan bergidik karenanya?

Menggunakan interior wax untuk dinding bagian dalam mobil Anda harus dengan kuas busa. Bila tidak ada, spons bisa jadi alternatif. Tentu saja, jangan sampai sesudahnya spons tersebut juga digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk mencuci piring. Jangan juga menggunakan spons bekas cuci piring untuk mobil Anda. Selamat mencoba.

  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything